Minggu, 21 September 2014 | 21:09:30
Home / Teknologi / Sains / Kembaran Bumi Tersebar di Alam Semesta

Jumat, 15 Juni 2012 , 18:01:00

BERITA TERKAIT

COPENHAGEN - Hasil penelitian terbaru ilmuwan menunjukkan planet-planet kecil dapat terbentuk di daerah bintang-bintang yang miskin elemen berat. Hal ini meningkatkan kemungkinan planet kembaran bumi pun tersebar luas di alam semesta.

Hasil penemuan para peneliti University of Copenhagen antara lain menunjukkan planet-planet kecil juga dapat terbentuk di sekitar sangat berbeda. Di mana, sebelumnya ilmuwan berpikir planet-planet lebih mungkin terbentuk di sekitar bintang  yang memiliki banyak kandungan unsur lebih berat.

Penemuan menjanjikan tersebut telah diterbitkan dalam jurnal ilmiah Nature, seperti dilansir Escience (13/6). Saat ini telah ditemukan sekitar 3.000 exoplanet atau planet yang mengorbit bintang selain Matahari. Sekitar, 2.300 dari planet-planet potensial tersebut diamati dengan teleskop Kepler dengan mengukur kecerahan bintang-bintang induknya.

Jika sebuah planet bergerak di depan bintangnya, para astronom  kemudian mengukur derajat penurunan kecerahannya. Dan, jika hal ini terjadi berulang kali, dapat disimpulkan ada sebuah planet yang mengorbit pada bintang tersebut.

Sejauh ini, sejumlah besar planet yang ditemukan dengan mengukur ukuran mereka termasuk kategori planet gas raksasa seperti Saturnus dan Jupiter. Sementara yang berukuran lebih kecil merupakan planet terestrial sekelas Bumi dan Mars.

"Kami menyelidiki apakah planet-planet terbentuk hanya dimungkinkan pada beberapa jenis bintang dan apakah ada korelasi antara ukuran planet-planet dan jenis bintang induknya itu mengorbit," kata Lars A. Buchhave, astrofisikawan Niels Bohr Institute Copenhagen.

Ilmuwan sendiri menduga lebih dari 160 miliar planet alien (asing) mendiami Galaksi Bima Sakti melebihi bintang-bintangnya. Rata-rata dari setiap 100 miliar atau lebih bintang di galaksi dihuni oleh setidaknya 1,6 planet. Sebagian besar dari eksoplanet-eksoplanet ini umumnya berukuran kecil dan berbatu, menyerupai Bumi, mengingat planet bermassa kecil berlimpah dibanding planet besar. (Esy/jpnn)
Tulis Komentar
Nama
Email
Komentar
      1. 20.06.2012,
        15:23
        lien
        bener ga sih ada planet mirip bumi
      2. 18.06.2012,
        10:52
        peter
        ffans you stupiit bv jhgb huytf