RI Resmi jadi Anggota ke-19 IIASA

RI Resmi jadi Anggota ke-19 IIASA
RI Resmi jadi Anggota ke-19 IIASA
WINA – Kabar gembira bagi dunia pendidikan dan penelitian tanah air. Indonesia secara resmi terpilih sebagai anggota The International Institute for Applied Systems Analysis (IIASA). Penetapan itu dikeluarkan pihak IIASA dalam pertemuan dengan delegasi Indonesia yang diwakili Kuasa Usaha Ad Interim (KUAI) KBRI/PTRI Wina, Aris Munandar dan Sekretaris I, Yulastiawarman Zakaria, di markas IIASA di jalan Schlossplatz 1 A-2361 Laxenburg, Austria, Selasa (26/6).

Keputusan tersebut disampaikan langsung Direktur/CEO IIASA, Profesor Dr Pavel Kabat dan Ketua Dewan IIASA, Profesor Dr Peter Lemke saat pertemuan IIASA Council Ke-80. Kedua petinggi IIASA ini menyambut baik kesediaan Indonesia menjadi anggota ke-19. Keberadaan Indonesia di IIASA semakin memperkuat hubungan dan jalinan kerjasama institusi internasional tersebut dengan negara-negara anggota khususnya di wilayah Asia Pasifik.

’’Kami (IIASA) memiliki catatan mengesankan dalam membangun kerjasama ilmiah dengan para anggota dalam menggunakan penelitian dan memberikan pemahaman serta bimbingan untuk pembuatan kebijakan menghadapi tantangan dunia. Baik Indonesia dan IIASA akan mendapatkan keuntungan dari dengan kerjasama ini. Misalnya komunitas ilmiah di Indonesia dapat mengakses keterampilan dan jaringan yang ada di IIASA, dan Indonesia juga bisa memberikan masukan yang berharga perihal geo-politik perspektif untuk misi IIASA,’’ kata Profesor Dr Pavel Kabat.

IIASA berdiri pada 1972 sebagai institut ilmu pengetahuan internasional yang melaksanakan penelitian komprehensif pada sejumlah isu global seperti lingkungan hidup, ekonomi, teknologi, dan perubahan sosial. Pendekatan IIASA yang holistik dan berorientasi kebijakan tidak jarang menghasilkan sejumlah pemenang hadiah nobel. IIASA juga menjadi rujukan utama PBB, Bank Dunia serta Club of Rome untuk isu-isu lingkungan hidup, energi dan perubahan iklim serta isu-isu terkait kependudukan.

WINA – Kabar gembira bagi dunia pendidikan dan penelitian tanah air. Indonesia secara resmi terpilih sebagai anggota The International Institute

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News