Selasa, 02 September 2014 | 01:35:58
Home / Politik / Pilkada / Mahasiswa Solo Tagih Janji Jokowi

Senin, 09 Juli 2012 , 16:50:00

BERITA TERKAIT

JAKARTA - Koordinator Keluarga Mahasiswa Solo di Jakarta, Sumadi menagih janji Wali Kota Solo Joko Widodo yang saat ini tengah mencalonkan diri jadi gubernur DKI Jakarta. Menurutnya, politisi PDI Perjuangan ini lebih baik menuntaskan program-programnya di Surakarta hingga akhir masa jabatannya daripada harus ikut-ikutan bertarung memperebutkan jabatan gubernur.

"Kami berharap pak Jokowi kembali ke Solo menuntaskan kewajibannya sebagai Walikota Solo yang masih banyak pekerjaan rumahnya yang terbengkalai,” pinta Sumadi dalam jumpa pers di Matraman, Jakarta, Senin (9/7).

Sumadi mengatakan dengan mencalonkan diri jadi gubernur, Jokowi punya beban yang sangat berat. Sebab, program pemerintahan di Solo jadi terbengkalai.

Sekretaris Keluarga Mahasiswa Solo di Jakarta, Banu Adi Kuncoro mencontohkan soal pemberdayaan  ekonomi yang tidak berjalan sukses ditandai dengan peningkatan kemiskinan. Berdasarkan data yang dirilis oleh Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan Daerah (TKPKD), Banu mengatakan bahwa pada tahun 2009 jumlahnya 107.000 jiwa, 2010 meningkat menjadi 125.000 jiwa, dan pada tahun 2012 jumlah warga miskin mencapai 133.000 jiwa atau sekitar 25 persen dari total penduduk Solo yang mencapai 530.000 jiwa.

"Belum lagi permasalahan PKL yang semakin banyak karena di daerah yang seharusnya steril, kebijakan permasalahan PKL ini menjadi ajang memelihara preman, dan juga penataan PKL didaerah pasar Notoharjo ternyata tidak sesuai dengan apa yang dipublikasikan, ini jelas hanyalah sebuah upaya pencitraan, belum lagi orang luar Solo yang menguasai pasar Notoharjo, sehingga banyak PKL yang kembali berjualan dijalan-jalan yang semestinya steril, sehingga ini berdampak juga pada banyaknya sampah yang menumpuk di Kota Solo, karena Jokowi ternyata tidak memiliki Grand Design pengelolaan sampah kota Solo,” kata Banu.

Pembangunan moral di Kota Solo juga dianggap tidak diperdulikan semasa jabatan Jokowi sebagai Wali Kota Solo. Praktek pelacuran menjadi semakin meningkat dan marak, terjadi dimana-mana mudah diakses 24 jam nonstop. tak hanya pelacuran, ternyata Solo menjadi kota yang bebas dengan miras. “Wali Kota tersebut mungkin harus mendengar laporan dari Pokja Penanggulangan HIV/AIDS yang menyebutkan bahwa penyebaran virus tersebut di Kota Solo tergolong sangat cepat,” ujarnya.

Sementara itu, Dimas Hariyono yang juga pengurus Keluarga Mahasiswa Solo di Jakarta mengatakan Solo berseri tanpa korupsi adalah jargon Jokowi saat memenangkan pilkada Kota Surakarta, namun pada kenyataannya ternyata Solo berseri sarat korupsi. Menurutnya, banyak kasus korupsi bernilai miliaran di lingkungan satuan kerja perankat daerah (SKPD) Pemkot Surakarta selama jokowi menjadi Walikota Surakarta.

“Sebut saja kasus pengadaan di Dishub Solo, Pembelian rumah dinas Walikota Solo dan Pengadaan blanko identitas warga di Dispendukcapil Solo,” ucapnya. (awa/jpnn)
Tulis Komentar
Nama
Email
Komentar
      1. 26.06.2014,
        00:26
        Kang Dadang Rahman
        Orang solo aja mau komentari mantan walikotanya, baik dibilang baik, jelek dibilang yach.. jelek. Eh.. warga yang gak tau menahu tindak tanduknya
      2. 28.08.2012,
        22:40
        TukangKumis
        Apa-apaan ini? simpatisan kumis? atau ?
      3. 17.08.2012,
        05:49
        Tsany
        Silahkan di cek di file http://data.tnp2k.go.id/file_d ata/Data/IKD/33_Jateng.pdf

        te rbukti bahwa pernyataan nara sumber mengada - ngada.
      4. 12.08.2012,
        18:02
        solokarto
        Nyoba tinggal di solo sini, 'perwakilan mahasiswa solo jakarta' neng solo pirang taun kowe..?? Reneo neng solo nak pengen ngerti solo saiki.. LOL..!! From mobile
      5. 11.08.2012,
        13:08
        savitri Dian Damayanti
        Aneh sekali ya...pernyataan Чάâ âÏÆ berdasarkan data kok malah di olok2,,, harusnya Чάâ âÏÆ memberi komentar cari tau bener gak data itu. Itu sbgai intropeksi. ââР;ªl뱂 ; di Solo mmg di cinta... Yasudah ttp saja sebagai walikota solo. Itu baru namanya Pemimpin Чάâ âÏÆ Amanah... Oke !!?? From mobile
      6. 09.08.2012,
        08:38
        momo
        kaciiian deh elo..hari gene masih blck campaign..ngaca u mahasiswa geblek
        From mobile
      7. 08.08.2012,
        20:15
        cahsolo
        Ga usah bnyak omong liat aja stlh 20sept nanti.Jokowi yg unggul. From mobile
      8. 24.07.2012,
        17:23
        agung
        Lihatlah dulu..rekam jejak pak.jokowi..,sebegitu banyak prestasinya..terbukti dia masuk sebgai nominasi walikota terbaik dunia..,n terbukti stlah pencalonan walikota periode ke dua..perolehan suara mencapai 90%,ini membuktikan kepuasaan masyarakt solo dengan masa kepemimpinannya,mnrut saya ini bukan pencapaian yang mudah,mengingat sdikit pemimpin yang bisa dijadikan contoh sprti beliau.., n saya sebagai wong solo..,tepatnya solo utara daerah nusukan...,saya juga sudah biasa melihat pak jokowi turun kekampung-kampung..n untuk hal2 yg kecil kadang waktu ada kerja bakti warga juga sering datang,trs kebetulan ada slah seorang warga yang punya hajatan dan dia ngundang pak.jokowi untuk datang mskipun bukan kerabat dekat dan meskipun yang punya hajat adlh kalangan kebawah...tapi saya sngat salut beliau jg mau menyempatkan datang,beliau jg sering Kepasar2..,ke bantaran kali...,dan mash bnyk lagi kiprah beliau yang merakyat thdp warga solo...n pemandangan sprti ini bukan hal baru untuk warga solo..,dan sebagai bukti lakukan saja survey thadp warga solo,tanyakan langsung..penilaian meraka sprti apa kpemimpinan pak.jokowi disolo..,dan itu akan sangat membuktikan sprti apa beliau,,shingga saya pribadi sngat salut dengan seorang pemimpin sprti beliau...dan saya bangga ...seandainya beliau menuju DKI satu...karena saya berharap beliau bisa naik ketahap yang lebih besar untuk perubahan...karena beliau adlah seorang sosok yang layak dan dibtuhkan untuk berbuat banyak thd negeri ini. From mobile
      9. 24.07.2012,
        15:15
        Rachmad
        Keluarga Mahasiswa Solo di Jakarta?? wkwkwkwkwkwk. Foke memang luar biasa
      10. 23.07.2012,
        23:26
        anton
        wah demo bermuatan politis dan uang nich...strategi yg dilakukan oleh foke untuk mnjtuhkan lwannya.