Sabtu, 19 April 2014 | 19:14:41
Home / Berita Daerah / Kalbar / Usulkan Tokoh Kalbar Dijadikan Pahlawan Nasional

Kamis, 12 Juli 2012 , 23:23:00

RELATED NEWS

JAKARTA – Dua tokoh asal Kalimantan Barat, Jonahes Chrisostomus Oevaang Oeray dan Djerandeng Abdurachman diusulkan menjadi pahlawan nasional. Tokoh masyarakat asal Kalbar, Oesman Sapta Oedang (OSO), menyatakan bahwa kedua tokoh itu sudah sangat pantas diberi gelar pahlawan nasional.

OSO justru mengaku heran jika hingga saat ini pemerintah belum memberikan gelar pahlawan kepada Oevaang Oeray dan Djeranding. “Saya heran kepada bangsa kita seperti ini? Ini jelas-jelas dua orang tokoh Kalbar yang mempunyai dasar-dasar perjuangan, dan punya bukti sejarah kok masih perlu dipertanyakan,” kata OSO, Kamis (12/7), di Jakarta, saat seminar nasional pengusulan Jonahes Chrisostomus Oevaang Oeray dan Djerandeng Abdurachman sebagai pahlawan nasional.
               
Mantan Wakil Ketua MPR itu menjelaskan, Oevaang Oeray -dikenal sebagai tokoh politik dan putra daerah Kalbar- dan Djeranding -dikenal sebagai tokoh pers- harusnya diakui sebagai pahlawan nasional. “Kita harus jujur, tulus dan ikhlas mengakui kebenaran sejarah,” kata OSO di seminar yang dibuka oleh Wakil Ketua MPR Hajrianto Tohari dan dihadiri sejumlah elemen masyarakat Kalbar di Jakarta dan beberapa tokoh nasional itu.
               
OSO mengaku tidak melihat asal-usul suku, warna kulit dan agama kedua tokoh tersebut. Namun, yang dilihatnya adalah perjuangan kedua tokoh itu yang pantas dijadikan contoh bagi anak cucu.

“Pahlawan bukan miliki seorang suku, atau kaum mayoritas. Pahlawan milik semua anak bangsa Indonesia,” tegasnya.(boy/jpnn)
Tulis Komentar
Nama
Email
Komentar