SBY: Saya Kadang Beda dengan Kiemas

SBY: Saya Kadang Beda dengan Kiemas
SBY: Saya Kadang Beda dengan Kiemas
JAKARTA--Dalam banyak kesempatan, politikus senior PDIP yang juga Ketua MPR Taufik Kiemas terkesan selalu berusaha menyelaraskan "tone suaranya" dengan Presiden SBY. Tetapi, SBY justru berterus terang bahwa selama tiga tahun terakhir atau sejak 2009, dirinya tidak selalu sejalan dengan Taufik Kiemas.

"Selama tiga tahun pemerintahan ini, meskipun antara Pak Taufik dan saya, meskipun ada satu dua isu politik berbeda, tapi kami bersatu dalam komitmen kerangka kehidupan bernegara yang berlandaskan Pancasila," kata SBY saat berbuka puasa di kediaman dinas Taufik Kiemas, Jalan Widya Chandra, Jakarta Selatan, kemarin (2/8).

SBY menyampaikan sangat bersepakat dengan Kiemas kalau dalam kehidupan yang majemuk, semangat bhinneka tunggal ika harus terus digelorakan. "Dalam pidato, beliau (Kiemas, Red) mengajak kita untuk bergandeng tangan.  Saya menyambut baik," tegasnya.

Presiden mengingatkan dunia terus berubah. Banyak negara berkembang berubah menjadi emerging (negara dengan perekonomian yang tumbuh). Pergeseran juga terjadi di negara-negara Timur Tengah, Eropa, sampai Amerika.

JAKARTA--Dalam banyak kesempatan, politikus senior PDIP yang juga Ketua MPR Taufik Kiemas terkesan selalu berusaha menyelaraskan "tone suaranya"

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News