Mentan: Petani Malas Tanam Kedelai

Mentan: Petani Malas Tanam Kedelai
Mentan: Petani Malas Tanam Kedelai
BOGOR-- Setelah mendapat protes keras dari kalangan industri olahan kedelai, pemerintah akhirnya memberikan insentif pembebasan bea masuk kedelai yang berlaku sampai akhir 2012. Penerapan insentif ini hanya berlaku sementara hingga harga kedelai kembali normal.

Meski demikian, Menteri Pertanian Suswono mengatakan, selama harga kedelai masih tinggi para petani akan lebih senang menanam padi ketimbang kedelai.

“Petani di Indonesia malas menanam kedelai kalau harganya belum normal. Idealnya kalau harga kedelai Rp10.000 dan beras Rp7.000, petani pasti lebih senang menanam padi daripada kedelai,” ujarnya saat acara Tablig Akbar dan buka bersama dengan Fraksi PKS di Graha Dewi Sartika Bogor, Senin (6/8).

Ia menjelaskan, melambungnya harga kedelai internasional sebenarnya bisa ditangani dengan swasembada kedelai. Persoalannya yakni penyediaan lahan untuk menanam. Saat ini lahan yang telah digunakan untuk memproduksi kedelai hanya sekitar 600.000 hektare. Padahal, dengan produktivitas lahan yang hanya menghasilkan 1,5 ton per hektare, idealnya dibutuhkan sebanyak 1,5 juta hektare lahan produksi kedelai.

BOGOR-- Setelah mendapat protes keras dari kalangan industri olahan kedelai, pemerintah akhirnya memberikan insentif pembebasan bea masuk kedelai

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News