Kamis, 31 Juli 2014 | 22:33:19
Home / Teknologi / Sains / India Segera Kirim Misi Pengorbit Mars

Kamis, 16 Agustus 2012 , 17:17:00

BERITA TERKAIT

NEW DELHI - India berencana mengirimkan misi luar angkasa yang akan mengorbit planet Mars. Perdana Menteri India, Manmohan Singh menyatakan, misi luar angkasa untuk meneliti Mars itu akan dilakukan akhir tahun ini.

Proyek tersebut akan menjadi tonggak sejarah baru bagi program luar angkasa India yang ambisius, setelah 3 tahun lalu berhasil mengirimkan pesawat mereka mengorbit bulan. Tidak hanya itu, India menargetkan pada 2016 nanti bisa mengirim misi luar angkasa berawak.

“Pesawat luar angkasa kami akan mendekati Mars dan mengumpulkan informasi ilmiah penting,” kata Singh dalam pidato menyambut hari kemerdekaan negara tersebut, Rabu (15/8). “Rencana ini merupakan langkah besar bagi dalam hal teknologi dan sains,” imbuhnya, sebagaimana dikutip AFP.

Awal bulan ini kantor berita Press Trust of India melaporkan, Organisiasi Penelitian Luar Angkasa India (ISRO) berencana meluncurkan misi pengorbit tanpa awak tersebut pada November tahun ini. Menurut salah satu pejabat ISRO, biaya yang harus dikeluarkan untuk meluncurkan misi itu mencapai angka 5 miliar Rupee (Rp854 miliar).
 
Sebelumnya, negara-negara seperti Amerika Serikat, Rusia, Eropa, Jepang dan Cina juga telah mengirimkan misi luar angkasa ke Mars. Pengumuman mengenai peluncuran misi ini datang di saat pemerintah mendapat kecaman public akibat krisis energi dan buruknya infrastruktur di India.(afp/ara/jpnn)

Tulis Komentar
Nama
Email
Komentar
      1. 13.09.2013,
        01:33
        only for 5 dollars
        VVjdTo Really informative article.Much thanks again. From mobile
      2. 06.09.2013,
        21:44
        the best seo service
        NnxAvb Very good blog.Much thanks again. Will read on... From mobile