Uji Terbang Pesawat Hipersonik 300 Detik

Uji Terbang Pesawat Hipersonik 300 Detik
Uji Terbang Pesawat Hipersonik 300 Detik
NEW YORK – Amerika Serikat (AS) berupaya untuk terus mengembangkan pesawat jet supercepat (hipersonik) yang bisa memangkas waktu terbang hingga lima kali lipat. Pesawat baru X-51A Waverider itu mampu melesat 4.500 mil perjam (7.200 kilometer perjam) dalam beberapa detik. Kelak, penerbangan dari Kota London, Inggris, menuju Kota New York, AS, yang berjarak sekitar 5.585 kilometer hanya akan ditempuh dalam waktu kurang dari sejam.

Pentagon (Dephan AS) dan Angkatan Udara (AU) AS akan melakukan uji terbang atas pesawat itu Selasa (14/8) waktu setempat atau hari ini WIB (15/8). Ini merupakan uji terbaru yang diadakan oleh Pentagon terkait pengembangan pesawat hipersonik berkecepatan Mach 5 (lima kali lipat kecepatan suara).

Belum ada komentar resmi dari Pentagon maupun AU AS soal uji terbang tersebut. Tetapi, analis militer menilai bahwa kelak teknologi itu dapat digunakan untuk pesawat pengintai, meluncurkan rudal, atau mengangkut wahana yang bisa membawa  orang maupun kargo secara cepat.

Penerbangan hipersonik dianggap sebagai tahap berikut untuk pesawat terbang. ’’Realisasi penerbangan hipersonik berkesinambungan ibarat beranjak dari pesawat baling-baling menuju pesawat jet,’’ ujar Robert Mercier, deputy teknologi divisi sistem kecepatan tinggi Laboratorium Riset AU AS di Ohio, kepada New York Times belum lama ini.

NEW YORK – Amerika Serikat (AS) berupaya untuk terus mengembangkan pesawat jet supercepat (hipersonik) yang bisa memangkas waktu terbang hingga

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News