Pengungsi Rohingya ke Indonesia Bukan Cari Suaka

Pengungsi Rohingya ke Indonesia Bukan Cari Suaka
Pengungsi Rohingya ke Indonesia Bukan Cari Suaka
JAKARTA-- Ketua Umum Palang Merah Indonesia (PMI) Jusuf Kalla menyatakan, kedatangan para pengungsi Rohingya ke Indonesia bukan untuk mencari suaka. Indonesia, kata dia, hanya menjadi loncatan bagi para pengungsi tersebut untuk menuju ke Australia.

"Tidak ada itu minta suaka, tapi umumnya mereka ingin pergi ke Australia. Kan mereka mencari ekonomi, kalau ke Indonesia mau kerja apa. Di sini juga gajinya rendah, bahasanya mereka juga tidak terlalu bagus. Gaji tinggi gitu di Australia," ujar Kalla di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Sabtu (25/8).

Menurutnya, saat ini pengungsi Rohingya menjadi kewenangan Kantor Imigrasi dan UNHCR (United Nations High Commissioner for Refugees) untuk mencari suaka. Meski demikian, Indonesia akan tetap memberikan perlindungan bagi korban konflik Myanmar tersebut.

"Umumnya itu pengungsi mencari ekonomi untuk kehidupan lebih baik, dan yang menerima banyak itu adalah Australia. Tapi sekarang lebih ketat,"sambungnya.

JAKARTA-- Ketua Umum Palang Merah Indonesia (PMI) Jusuf Kalla menyatakan, kedatangan para pengungsi Rohingya ke Indonesia bukan untuk mencari suaka.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News