Kontes Sapi, Jenis Limousin Tembus Rp60 Juta

Kontes Sapi, Jenis Limousin Tembus Rp60 Juta
Kontes Sapi, Jenis Limousin Tembus Rp60 Juta
KEPANJEN – Kontes hewan ternak tingkat Jatim yang digelar Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Malang di luar Stadion Kanjuruhan Kepanjen, menjadi ajang pamer keberhasilan para peternak sapi  dan kambing peranakan etawa (PE) di Kabupaten Malang.

Khusus sapi yang ikut kontes benar-benar menjadi ajang pamer keberhasilan peternak dalam menggemukan sapinya. Ada 81 sapi yang mayoritas jenis Limousin yang ikut kontes di lima kelas dan semuanya berasal dari Kabupaten Malang. Berat sapi Limousin yang ikut kontes ada yang beratnya mencapai 1,6 ton untuk kelas ekstrem. Sapi-sapi yang super besar ini menjadi daya pikat bagi masyarakat yang mendatangi ajang kontes hewan ternak tingkat Jatim itu.

“Setiap tahun selalu ada peningkatan kualitas. Ini menjadi pembuktian kalau Kabupaten Malang siap untuk swasembada daging dengan keberhasilan para peternaknya melakukan penggemukan sapi yang berkualitas,” kata Ketua Panitia Kontes Ternak, Dwi Irianto kepada Malang Post (Grup JPNN), Minggu (14/10).

Ada lima kelas untuk sapi yang dilombakan antara lain, kelas ekstrem jantan, kelas induk, kelas calon indukan dan kelas bukan kereman. Semua sapi yang dilombakan merupakan hasil inseminasi buatan (IB). Ajang kontes itu pun menjadi ajang transaksional bagi para peternak sapi. Untuk sapi limousine yang beratnya mencapai 1,55 ton umurnya baru 3,5 ton dibandreol dengan harga Rp 60 juta. 

KEPANJEN – Kontes hewan ternak tingkat Jatim yang digelar Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Malang di luar Stadion Kanjuruhan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News