Hatta Dorong Developer Bangun Rumah Murah

Hatta Dorong Developer Bangun Rumah Murah
Hatta Dorong Developer Bangun Rumah Murah
JAKARTA - Sektor properti yang terus berkembang, diharapkan mampu menyelaraskan dengan tingginya kebutuhan rumah murah untuk masayarakat menengah ke bawah. Pemerintah saat ini juga tengah mendorong developer properti untuk mendukung program pengembangan perumahan masyarakat miskin, yang layak huni dan harga terjangkau.

"Saya harap pengembang mau memikirkan perumahan untuk kelas bawah," ungkap Menteri Koordinator Perekonomian Hatta Rajasa, saat membuka pameran industri property BNI-REI Expo, di Jakarta, akhir pekan lalu (20/10).

Mengacu pada data Bank Indonesia (BI), harga properti hunian sepanjang kuartal kedua 2012 kian menanjak. Bahkan, akselerasi harga terjadi pada keseluruhan tipe rumah, yakni naik 3,68 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu (year on year/yoy).

Dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu, kenaikan harga properti residensial paling tinggi terjadi pada rumah tipe kecil, dengan angka peningkatan sebesar 4,16 persen. Manado merupakan wilayah dengan peningkatan harga rumah cukup tinggi, sebesar 4,68 persen. Kenaikan tersebut terjadi pada rumah tipe kecil, sebesar 8,28 persen. Sedangkan untuk rumah tipe besar, terjadi kenaikan harga tertinggi di wilayah Medan.

JAKARTA - Sektor properti yang terus berkembang, diharapkan mampu menyelaraskan dengan tingginya kebutuhan rumah murah untuk masayarakat menengah

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News