Jelang Pemilu, PM Jepang Bubarkan Parlemen

Jelang Pemilu, PM Jepang Bubarkan Parlemen
Jelang Pemilu, PM Jepang Bubarkan Parlemen
TOKYO - Perdana Menteri (PM) Jepang Yoshihiko Noda telah membubarkan parlemen menjelang pemilihan umum bulan depan. Noda yang menjabat PM sejak Agustus 2011 itu akan menghadapi pemilihan baru menghadapi tokoh oposisi, Shinzo Abe.

Partai LDP yang dipimpin Abe memang diperkirakan bakal meraih mayoritas kursi parlemen. Namun pemilihan umum bulan depan dipandang tidak akan menghasilkan pemenang mutlak, meski Yoshihiko Noda telah kehilangan dukungan akibat kebijakan peningkatan pajak penjualan dan penanganan Fukushima pasca-bencana tsunami beberapa waktu lalu.

Menurut BBC (16/11), Abe saat ini masih berjuang untuk meningkatkan popularitasnya di publik. Tingkat dukungan baik untuk partai berkuasa Partai Demokrat Jepang, DPJ, dan partai oposisi Liberal Demokrat, LDP, sangat rendah dalam jajak pendapat.

Sementara sejumlah partai kecil lainnya justru bermunculan. Mantan Gubernur Tokyo yang kontroversial, Shintaro Ishihara, juga membentuk partai baru. Gubernur Osaka, Toru Hashimoto, juga membentuk partai politik.

TOKYO - Perdana Menteri (PM) Jepang Yoshihiko Noda telah membubarkan parlemen menjelang pemilihan umum bulan depan. Noda yang menjabat PM sejak Agustus

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News