Mutu Pendidikan Terlihat Dari Kualitas Lulusan

Mutu Pendidikan Terlihat Dari Kualitas Lulusan
Mutu Pendidikan Terlihat Dari Kualitas Lulusan
MALANG- Akademisi yang juga rektor UIN Maliki, Prof Dr H Imam Suprayogo, berpendapat seharusnya untuk menilai keberhasilan pendidikan bukan gurunya yang dinilai. Tapi sejauh mana lulusannya bisa berkiprah dan menjadi lulusan yang sukses. Menurutnya berbicara tentang kualitas sebenarnya bukan barang baru. Lembaga pendidikan tradisional sekalipun, seperti  pesantren misalnya,  juga telah mengenal mutu hasil pendidikan.

”Pesantren disebut hebat biasanya dilihat dari kualitas pengasuhnya.  Sedangkan kualitas pengasuh itu sendiri  biasanya dilihat dari para alumninya. Dan, bukan lewat test terhadap para kyainya,” ungkapnya.

Pesantren yang berhasil melahirkan alumni yang hebat, lanjutnya maka institusi dimaksud  dianggap hebat dan akan didatangi calon santri dari berbagai penjuru.

Peraih Rekor MURI ini menuturkan untuk mengetahui  kualitas guru maka pemerintah pun sekarang ini melakukan tes kompetensi. Para guru diuji dan ternyata hasilnya masih di bawah standar. Dengan cara itu maka kerahasiaan guru terbongkar, bahwa kompetensi guru-guru yang ada selama ini masih seperti itu.

”Semoga tidak banyak murid tidak tahu,  bahwa kualitas gurunya selama ini masih belum terlalu hebat,” kata dia.

MALANG- Akademisi yang juga rektor UIN Maliki, Prof Dr H Imam Suprayogo, berpendapat seharusnya untuk menilai keberhasilan pendidikan bukan gurunya

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News