2013, Ekonomi Sulut Diprediksi Lebih Atraktif

2013, Ekonomi Sulut Diprediksi Lebih Atraktif
2013, Ekonomi Sulut Diprediksi Lebih Atraktif
MANADO -  Roda ekonomi Sulut diprediksi berputar lebih cepat. Perbankan Sulut maupun Pemprov Sulut sangat optimis, ekonomi Sulut akan mendaki di atas level 8 persen di tahun 2013 ini. Trend ini tercermin dari minat investasi di sektor jasa dan perdagangan yang terus menggeliat.

Dunia perbankan tumbuh positif, dan karena makin rajin membiayai sektor rill. Bergeraknya sektor rill menekan angka pengangguran terbuka yang diperkirakan di bawah tingkat pengangguran tahun 2012. Salah satu penekan, tahun ini Sulut akan merekrut pegawai negeri sipil (PNS). Di tahun kemarin, periode Agustus angka pengangguran terbuka sekira 7,79 persen, turun satu digit dibanding periode yang sama 2011 sekira 8,62 persen dari total penduduk.

"Sulut berada di koridor IV Master  Pembangunan Ekonomi Indonesia. 2013 nanti berbagai mega proyek dan infrastruktur akan mulai bermunculan, ini cita-cita dan keinginan pahlawan kita (Sam Ratulangi) sejak tahun 30-an silam untuk menjadikan Sulut sebagai pintu gerbang di Asia Pasifik, dan ini kita akan capai," ujar Gubernur Sulut, Sinyo Harry Sarundajang seperti dilansir Manado Post (JPNN Group), Selasa (1/1).

Pria yang akrab disapa SHS ini menambahkan, tahun ini arus wisatawan lokal dan luar negeri akan makin bertambah. Kedatangan tamu luar yang diperkirakan Februari akan ada iven Hari Pers Nasional dan Oktober akan ada pertemuan para pimpinan perguruan tinggi agama se Indonesia, makin memacu pertumbuhan ekonomi.  "Tahun ini jumlah wistawan mancanegara (wisman) tumbuh 20 persen dibanding tahun sebelumnya," katanya.

MANADO -  Roda ekonomi Sulut diprediksi berputar lebih cepat. Perbankan Sulut maupun Pemprov Sulut sangat optimis, ekonomi Sulut akan mendaki

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News