Ketua KPU Sultra Sudah Dipecat, Daftar...Eh..Lolos Lagi

Ketua KPU Sultra Sudah Dipecat, Daftar...Eh..Lolos Lagi
Ketua KPU Sultra Sudah Dipecat, Daftar...Eh..Lolos Lagi
KENDARI - Integritas tim seleksi KPU Sultra dipertanyakan berbagai pihak. Gagalnya empat orang Ketua KPU kota/kabupaten di tahap seleksi administrasi calon anggota KPU Sultra dan lolosnya mantan Ketua KPU Sultra, Mas’udi yang sebelumnya dipecat KPU menimbulkan banyak tanda tanya. Keputusan Timsel yang dianggap aneh itu bakal digugat di PTUN oleh mereka yang gugur serta membawanya ke Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) termasuk KPU Pusat.

Salah seorang yang tersingkir dari barisan calon anggota KPU Sultra adalah Ketua KPU Muna, Almunardin SH. Ia benar-benar berang dengan tindakan Timsel yang menyingkirkannya, bersama tiga Ketua KPU lainnya  sama saja mempermalukan mereka, karena mana mungkin seorang Ketua KPU tidak mampu melengkapi berkas adminsitrasi yang notabenenya telah dilakukannya dulu sewaktu mendaftar sebagai calon anggota KPU.

   

"Saya sebagai Ketua KPU Muna mempertanyakan kredibilitas dan independensi dari Timsel KPU Sultra, karena orang yang sudah dipecat DKPP ternyata lolos seleksi administrasi.  Karena itu langkah-langkah yang akan kami lakukan yaitu mempertanyakan ke Timsel KPU Sultra alasan ketidaklulusan kami sekaligus melaporkan hal ini ke KPU RI dan DKPP, serta mem-PTUNkan mereka," kata Almunardin.   

   

La Power-sapaan Al Munardin-mengaku tidak ada maksud lain mengapa dirinya dan para Ketua KPU kabupaten/kota  melakukan langkah-langkah hukum itu karena pihaknya hanya menginginkan anggota KPU Sultra yang akan terpilih tidak lagi diberhentikan DKPP seperti KPU lalu. "Dengan lolosnya orang yang sudah dipecat DKPP, kami mengidentifikasikan Timsel yang notabenenya kumpulan para doktor dan profesor merupakan kumpulan orang-orang yang sudah tidak independen, normatif dan tidak patuh sebagaimana perintah peraturan perundang-undangan.  Selain itu Timsel tidak cermat dan sengaja membuat jebakan untuk tidak meloloskan calon-calon tertentu," ungkapnya.

   

KENDARI - Integritas tim seleksi KPU Sultra dipertanyakan berbagai pihak. Gagalnya empat orang Ketua KPU kota/kabupaten di tahap seleksi administrasi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News