Smoke Warhead Buatan Indonesia Ungguli AS-Rusia

Smoke Warhead Buatan Indonesia Ungguli AS-Rusia
Smoke Warhead Buatan Indonesia Ungguli AS-Rusia
MALANG – Sebanyak 260 unit kepala roket jenis smoke warhead segera diekspor ke Chile akhir bulan  Maret  ini. Menariknya, produk alutsista (alat utama sistem senjata) ini  dibuat dan diproduksi oleh  PT. Sari Bahari dari Ngalam.

“Ini eskpor pertama kami keluar negeri, setelah kami  mulai memproduksi selongsong bom dan beberapa alutsista lain dengan mandiri sejak  tahun 2010 lalu. Jika Chile merasa  puas segera akan ada MoU untuk kerjasama tetap dan berkelanjutan dengan kami,” kata pemilik Sari Bahari, Ir. Ricky Bahari seperti dilansir Malang Post (JPNN Group), Minggu (24/3).

Ditambahkan, produsen alutsista yang menjadi mitra PT.Pindad sejak 10 tahun terahir ini berhasil memasarkan kepala roket latih jenis smoke warhead setelah mengikuti pameran Indo Defence di Jakarta  bulan November lalu. Produknya  mengalahkan produk serupa buatan pabrikan berbagai negara maju diantaranya Amerika Serikat  dan Rusia.“ Ini adalah prestasi pertama kami.  Kami saat ini juga sedang melakukan negosiasi dengan beberapa negara lain. Produk kami  dapat diterima oleh mereka karena harga lebih hemat dan  kualitasnya juga lebih baik,” katanya optimis.

Dipaparkan bahwa smoke warhead adalah kepala roket dengan diameter 70 ml dan cocok dipasangkan dengan roket pasangan pesawat seperti Super Tucano. Smoke warhead memberikan informasi pada pilot tentang posisi persis jatuhnya roket mereka. “Ketika roket menyentuh tanah, kepala roket milik kami akan lepas dan mengeluarkan asap selama 2 menit. Itu waktu yang cukup bagi pilot untuk memutar haluan pesawat dan kembali melihat letak roket jatuh, karena ini adalah kepala roket untuk latihan,” lanjut alumnus SI Fakultas Pertanian Universitas Brawijaya ini.

MALANG – Sebanyak 260 unit kepala roket jenis smoke warhead segera diekspor ke Chile akhir bulan  Maret  ini. Menariknya, produk

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News