Obat kolesterol Dapat Mencegah Kebutaan

Obat kolesterol Dapat Mencegah Kebutaan
Obat kolesterol Dapat Mencegah Kebutaan
OBAT yang dirancang untuk menurunkan kolesterol kemungkinan dapat mencegah kebutaan pada orang tua. Hal ini berdasarkan penelitian Rajendra Apte, seorang profesor optalmologi  Washington University di St Louis.

Berdasarkan laman The Indian Express, Kamis (4/4), kolesterol di arteri dan vena, atau aterosklerosis, biasanya terjadi sebagai konsekuensi dari penuaan. Demikian juga, kolesterol yang diketahui menumpuk di mata, disebut drusen.

Penelitian yang dipublikasikan dalam Cell Metabolism, menunjukkan bahwa sel-sel besar yang disebut makrofag tampaknya memainkan peran kunci dalam membersihkan kolesterol dari mata. Setelah diteliti, tetes mata yang mengandung jenis obat untuk menurunkan kolesterol dari makrofag, yang disebut Liver X Receptor (LXR) agonist, ternyata sangat membantu mengembalikan fungsi makrofag.

"Studi ini merupakan strategi baru  untuk mencegah bentuk neovascular parah dari kebutaan," kata Grace Shen, direktur program di National Eye Institute.(fny/jpnn)
Berita Selanjutnya:
Foto Steve Jobs Jadi Rebutan

OBAT yang dirancang untuk menurunkan kolesterol kemungkinan dapat mencegah kebutaan pada orang tua. Hal ini berdasarkan penelitian Rajendra Apte,


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News