Ilmuwan Temukan Kebangkitan Black Hole

Ilmuwan Temukan Kebangkitan Black Hole
Ilmuwan Temukan Kebangkitan Black Hole
JENEWA--Astrofisikawan menyaksikan sebuah peristiwa langka dari kebangkitan lubang hitam atau black hole dengan melahap objek planet berukuran besar terdekatnya. Objek ini berada di galaksi berjarak  47 juta tahun cahaya dari Bumi.

Dari pengamatan dengan menggunakan proyek satelit INTEGRAL milik Badan Antariksa Eropa (ESA), terungkap adanya sebuah lubang hitam yang telah tertidur selama bertahun-tahun mengunyah objek raksasa lainnya bermassa rendah yang telah berkelana terlalu dekat.

Para ilmuwan di universitas Swiss menganalisis data yang dikumpulkan oleh INTEGRAL, yang diluncurkan pada 2002 untuk mempelajari sinar gamma dan menjelaskan kejadian yang jauh dari galaksi bumi.

Mereka melihat suar cahaya yang datang dari sebuah lubang hitam di pusat galaksi NGC 4845, yang memiliki massa lebih dari 300 ribu kali lebih besar dari Matahari dan telah aktif selama lebih dari 30 tahun.

JENEWA--Astrofisikawan menyaksikan sebuah peristiwa langka dari kebangkitan lubang hitam atau black hole dengan melahap objek planet berukuran besar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News