Minggu, 21 September 2014 | 03:02:32
Home / Internasional / Amerika / Badai Musim Semi di AS, Tiga Tewas

Minggu, 14 April 2013 , 03:11:00

BERITA TERKAIT

JACKSON – Badai di musim semi menerjang sejumlah wilayah di Amerika Serikat (AS) sejak Jumat lalu (12/4). Badai dahsyat itu memicu tornado dan angin kencang sehingga menerbangkan atap banyak rumah warga di kawasan Deep South (wilayah selatan AS). Badai tersebut juga memicu salju tebal dan gundukan es di Midwest (sejumlah negara bagian di utara dan timur laut AS.

Sedikitnya, tiga orang dilaporkan tewas dalam insiden itu. Cuaca ekstrem tersebut juga memaksa ratusan ribu warga harus bertahan tanpa listrik.
National Weather Service (NWS) telah mengonfirmasikan Jumat lalu bahwa badai dahsyat menimbulkan 12 tornado di enam negara bagian dalam beberapa hari terakhir. Pakar cuaca menyebut tiga tornado masing-masing menerjang di Negara Bagian Missouri, Arkansas, dan Alabama. Lantas, satu tornado masing-masing melanda Louisiana, Mississipi, dan Georgia.

Para pejabat urusan darurat menyatakan bahwa seorang tewas akibat tornado di Mississippi. Di Missouri, seorang pekerja tewas tersengat saat memperbaiki jaringan listrik. Di Nebraska, seorang perempuan tewas setelah berjuang keras melawan badai salju. Dia harus berjalan kaki sejauh 1,5 kilometer menuju rumahnya setelah mobilnya mogok.

Hujan es sebesar bola golf dan baseball juga menutupi Negara Bagian Georgia, North Carolina, dan South Carolina pada Kamis malam (11/4) waktu setempat hingga Jumat pagi. Angin kencang merobohkan pohon dan tiang listrik di Southeast (Negara bagian di tenggara AS). Hujan es dan jalanan licin membuat berkendara sangat berbahaya di utara New York. Di sana banyak sekolah diliburkan Jumat lalu, Sebagian lain menunda jam pelajaran.

NWS meramalkan bahwa badai lain akan menghantam kawasan tengah-utara AS Sabtu sore (13/4) waktu setempat atau hari ini WIB. Badai itu mungkin memicu hujan salju dengan curah 6-12 inci di sebagian wilayah timur Montana, North Dakota, utara South Dakota, dan utara Minnesota.

Di kawasan Deep South, warga mulai mencari sisa harta mereka di antara puing-puing bangunan pada Jumat lalu setelah diporak-porandakan badai sehari sebelumnya.

Di Mississipi, Jubir Emergency Management Agency (EMA) Jeff Rent menyatakan bahwa seorang tewas dan 10 lainnya terluka setelah tornado meluluhlantakkan Kemper County. Pria tersebut tewas saat tornado menghancurkan pusat bisnis. Pihak berwenang menyebut bahwa tornado itu masuk kategori EF-3 dengan kecepatan angin mencapai 233 kilometer per jam. (AP/cak/dwi)
Tulis Komentar
Nama
Email
Komentar