Hutan Kritis Karena Alih Fungsi Lahan

Hutan Kritis Karena Alih Fungsi Lahan
Hutan Kritis Karena Alih Fungsi Lahan
PAGARALAM – Hutan di perbukitan di daerah perbatasan Kota Pagaralam dengan Kabupaten Lahat tepatnya di Dusun Kerinjing, Kecamatan Dempo Utara, mulai gundul. Hal ini disebabkan alih fungsi hutan menjadi areal perkebunan terutama untuk menanam sayuran oleh sejumlah masyarakat di daerah ini.

Hasil pantauan, terlihat hampir semua perbukitan yang berada di Dusun Kerinjing mulai gundul dari hutan dan berubah menjadi ladang. Lereng bukit dengan kemiringan 30-45 derajat dibuka untuk dijadikan lahan perkebunan dan pertanian, baik itu menanam kopi maupun untuk jenis sayuran. Kondisi ini membuat tanah menjadi labil dan rawan longsor.

Ketua Aliansi Masyarakat Peduli Lingkungan Hidup (Ampuh) Pagaralam, Syawaludin Gumay, mengaku prihatin melihat kondisi hutan di Dusun Kerinjing. “Saat ini, hutan tersebut tak hijau lagi, bahkan bukit sudah telihat tanah kuning. Hal ini dikarenakan kawasan tersebut diubah menjadi areal perkebunan dan pertanian oleh warga,” jelasnya.

Jika kondisi ini dibiarkan, lanjutnya, bukan tidak mungkin aksi pembukaan lahan akan terus terjadi. Terlebih lagi, untuk membuka lahan perkebunan dan pertanian di kawasan tersebut sangat menjanjikan, mengingat kondisi tahan sangat subur.    “Kita harapkan masyarakat sadar akan kondisi lingkungan yang makin hari makin rusak,” jelasnya.

PAGARALAM – Hutan di perbukitan di daerah perbatasan Kota Pagaralam dengan Kabupaten Lahat tepatnya di Dusun Kerinjing, Kecamatan Dempo Utara,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News