Dahlan Iskan Minta Proses Sertifikasi Jalan Tol Bali Dipercepat

Diharapkan Beroperasi 14 Agustus

Dahlan Iskan Minta Proses Sertifikasi Jalan Tol Bali Dipercepat
Dahlan Iskan Minta Proses Sertifikasi Jalan Tol Bali Dipercepat
DENPASAR - BUMN sekali lagi membuktikan komitmennya untuk mengembangkan infrasrtuktur. Hal tersebut dibuktikan dengan rampungnya jembatan tol terpanjang di Indonesia yang menghubungkan Nusa Dua-Ngurah Rai- Benoa. Namun, realisasi tersebut masih menyisakan beberapa tahapan untuk akhirnya beroperasi secara resmi.

Hal tersebut diungkapkan oleh Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan disela acara jalan dan sepeda santai yang digelar di jembatan tol tersebut, Sabtu  (6/7). Dia menyatakan, pihaknya sebenarnya sangat mengapresiasi capaian yang dilakukan oleh konsorsium BUMN itu. Menurutnya, jangka waktu pembangunan selama 14 bulan merupakan rekor pembangunan infrastruktur berskala besar tercepat dalam sejarah Indonesia.

"Ini semua berkat BUMN yang mengeroyok proyek ini. Jadi, tidak banyak prosedur. Juga, tidak banyak persoalan. Jadi, sekalinya banyak perosalan mereka langsung pecahkan di tempat. Misalnya, kenapa akhirnya jalan ini berkelok-kelok. Bukannya lurus saja, padahal bisa. Karena takutnya dikiri landasan pesawat. Jadi, meski akhirnya mengeluarkan lebih banyak dana, tak ada persoalan yang berarti," ujarnya.

Hal tersebut diakui Dahlan sangat berbeda dengan proyek-proyek infrastruktur sebelumnya. Dia mencontohkan, proses pengerjaan jembatan tol Suramadu yang menguhubungkan pulau Jawa dan Madura. Proyek jembatan sepanjang 5,4 kilometer itu justru menghabiskan banyak waktu karena menggunakan dana pemerintah. "Waktu itu, akhirnya surveynya lama. Butuh 12 tahun untuk akhirnya selesai. Sedangkan ini, 12,7 kilo meter hanya butuh 14 bulan," terangnya.

DENPASAR - BUMN sekali lagi membuktikan komitmennya untuk mengembangkan infrasrtuktur. Hal tersebut dibuktikan dengan rampungnya jembatan tol terpanjang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News