Jepang Hidupkan Lagi PLTN

Jepang Hidupkan Lagi PLTN
Jepang Hidupkan Lagi PLTN
TOKYO--Jepang bergerak selangkah lebih dekat untuk menjalankan kembali reaktor nuklirnya pasca dihentikan akibat gempa beberapa tahun lalu. Empat perusahaan listrik telah mengajukan permohonan inspeksi keselamatan 10 PLTN yang telah berhenti beroperasi. Ini merupakan sinyal kuat kembalinya negara tersebut ke penggunaan tenaga nuklir hampir dua setengah tahun setelah bencana Fukushima.

Menurut dw.de (8/7), Otoritas Regulasi Nuklir Jepang (NRA) mengatakan Hokkaido Electric Power Company, Kansai Eclectic Power, Shikoku Electric Power dan Kyushu Electric Power telah membuka kembali total 10 reaktornya. Namun para pejabat mengatakan proses inspeksi fasilitas untuk memastikan mereka memenuhi standar keamanan akan mengambil setidaknya enam bulan.

Belum ada jaminan mereka akan diizinkan membuka reaktor nuklirnya jika mereka sudah mendapatkan persetujuan NRA. Pasalnya, politisi di tingkat regional atau nasional memiliki kekuatan untuk memblokir pembukaan kembali setiap fasilitas PLTN.

Sebelumnya Tokyo Electric Power (Tepco) telah menahan diri mengajukan permohonan menghidupkan kembali reaktor Kashiwazaki Kariwa di fasilitasnya, mengingat suara minor dari kelompok oposisi kepada pemerintah setempat.

TOKYO--Jepang bergerak selangkah lebih dekat untuk menjalankan kembali reaktor nuklirnya pasca dihentikan akibat gempa beberapa tahun lalu. Empat

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News