Teganya, Bayi Dibuang Saat Lebaran

Teganya, Bayi Dibuang Saat Lebaran
Teganya, Bayi Dibuang Saat Lebaran

jpnn.com - Seorang bayi jenis kelamin lelaki yang diperkirakan berusia 3 bulan ditemukan berada di teras depan rumah warga di kawasan Petamburan, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Jumat (9/8) dinihari. Tepat pada pukul 02.00 WIB. Bayi tersebut diduga ditinggalkan oleh orang tuanya, kendati hingga kini belum diketahui identitas orang tua dan alasan meninggalkan bayi mungil tersebut.

Diketahui keberadaan bayi yang diletakkan di teras rumah warga di RT 013 RW 05 itu, bermula ketika seorang pemuda bernama Oki Ahmad hendak pulang sehabis mencari makanan. Ketika melintas di depan rumah yang berseberangan dengan sekolah swasta itu, Oki melihat seorang bayi tergeletak seorang diri di teras rumah tersebut.

Sontak dirinya berhenti dan menghampiri bayi tersebut. Pasalnya situasi permukiman warga sekitar relatif sunyi senyap, tak seorang pun berada di luar rumah. Sebagian besar warga seperti terlelap dalam tidur setelah seharian merayakan lebaran. Lalu Oki pun memberanikan diri menghampiri bayi tersebut. “Saya bingung, kok ada bayi sendirian di depan rumah. Makanya saya langsung membangunkan pemilik rumah dan menjaga bayi itu. Apalagi udara dingin, makanya sempat bayi itu sempat menangis,” ungkap Oki kepada INDOPOS.

Ketika mengetahui bahwa bayi itu tanpa ada orang tua yang menemani, Oki pun langsung menghubungi sekelompok warga yang tengah berkumpul sekitar 350 meter dari lokasi ditemukannya bayi tersebut. Ditemani sejumlah warga, Oki kembali ke lokasi ditemukannya bayi. “Saya tidak berani bertindak. Makanya saya minta bantuan dari warga lainnya. Ternyata warga yang saya panggil salah satu anggota Pokdar Kamtibmas. Makanya bisa langsung menghubungi polisi,” tutur dia.

Hal senada diungkapkan Galih, seorang warga yang juga anggota Pokdar Kamtibmas Petamburan. “Saya langsung cepat menuju lokasi karena Oki menghampiri dan menyatakan menemukan bayi itu. Lalu saya langsung menghubungi kepolisian dari Polsek Tanah Abang. Makanya sejumlah aparat kepolisian langsung menuju lokasi,” imbuh dia.

Menurut Galih, tak lama dirinya sampai di lokasi bayi itu terlihat sehat dan dalam keadaan rapi. Bahkan orang yang meninggalkan bayi itu terbaring di atas lembaran alas yang biasa di sebut perlak. “Tapi bayi itu tidak selimuti kain, makanya nangis, mungkin karena kedinginan atau lapar. Pemilik rumah juga langsung membuatkan susu. Setelah minum susu, bayi itupun tidak menangis lagi. Bahkan ketika digendong pun sesekali tertawa,” bebernya.

Selang sekitar 3 menit, sejumlah aparat kepolisian telah sampai di lokasi ditemukannya bayi itu dan langsung melakukan pemeriksaan dan meminta keterangan saksi. Kendati bayi itu terkesan dibuang oleh orang tuanya, namun aparat kepolisian belum bisa memastikan kasus tersebut sambil menunggu perkembangan. Sebab terdapat kekhawatiran bayi tersebut menjadi korban penculikan. Sehingga harus menunggu perkembangan lebih lanjut. Namun sementara ini, bayi itu tengah dalam asuhan Ketua RW 05 Kelurahan Petamburan Herlani MS. (rul)


Seorang bayi jenis kelamin lelaki yang diperkirakan berusia 3 bulan ditemukan berada di teras depan rumah warga di kawasan Petamburan, Tanah Abang,


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News