Tak Semua Senang AS-Iran Mesra

Israel-Washington Bisa Jadi Tegang

Tak Semua Senang AS-Iran Mesra
Tak Semua Senang AS-Iran Mesra

WASHINGTON - Membaiknya hubungan pemerintah Iran dan Amerika Serikat pasca pertemuan tingkat tinggi di sela Sidang Umum PBB di New York tak membuat semua pihak senang. Di dalam negeri, Presiden Iran Hassan Rowhani harus menenangkan kelompok garis keras yang mengutuk pembicaraan teleponnya dengan Barack Obama. Kemesraan itu juga bisa membuat hubungan Obama dan PM Israel Benjamin Netanyahu kian tegang.

   

Untuk meredam tekanan dari kelompok garis keras, Teheran, Minggu (29/9) Wakil Menteri Luar Negeri Iran Abbas Araghchi angkat bicara. Dia menyatakan, pembicaraan Rowhani dan Obama selama 15 menit empat hari lalu tak serta-merta menjadikan hubungan kedua negara membaik.

   

"Sejarah hubungan Teheran-Washington tak bisa kembali normal lewat sebuah komunikasi telepon, pertemuan, bahkan negosiasi," tegas Araghchi sebagaimana dikutip kantor berita Far.

   

Pernyataan itu penting untuk menenangkan protes kelompok ekstrem di Iran. Misalnya, Garda Revolusi yang merasa tak nyaman sejak ada kesepakatan diplomasi antara Gedung Putih dan Rowhani pekan lalu.

   

WASHINGTON - Membaiknya hubungan pemerintah Iran dan Amerika Serikat pasca pertemuan tingkat tinggi di sela Sidang Umum PBB di New York tak membuat

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News