Rabu, 28 Januari 2015 | 21:12:49

Sabtu, 04 Januari 2014 , 23:26:00

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Azwar Abubakar. Foto: JPNN.com
Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Azwar Abubakar. Foto: JPNN.com

JAKARTA - Hasil tes kompetensi dasar (TKD) CPNS 2013 tak bisa diubah oleh siapapun. Kalau putera daerah tidak lulus, ke depan pemda dapat meningkatkan kapasitas para calon peserta tes, antara lain melalui bimbingan belajar sejak jauh-jauh hari sebelum seleksi CPNS.

Penegasan ini disampaikan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Azwar Abubakar menanggapi aksi protes oleh beberapa daerah,  lantaran minimnya putera daerah yang tidak lulus tes CPNS.

"Sejak awal kami telah mengumumkan kisi-kisi soal TKD CPNS, yaitu karakteristik pribadi, intelegensia umum dan wawasan kebangsaan. Dan saya selalu menekankan, kalau calon peserta mau lulus tes supaya belajar dan belajar, bukan percaya dengan calo,” ujar Azwar dalam keterangan persnya, Sabtu (4/1).

Azwar mengatakan tidak masuk PNS bukan berarti kiamat, karena PNS bukan satu-satunya lapangan pekerjaan. Selain itu, tahun depan juga masih ada kesempatan lagi untuk mengikuti seleksi.

Dalam seleksi CPNS yang bersifat nasional ini, tidak ada larangan bagi warga negara Indonesia untuk mengikuti tes di daerah lain. Seleksi CPNS 2013, lanjut politisi PAN ini, memang untuk mendapatkan putera-puteri terbaik bangsa, yang diselenggarakan secara transparan, obyektif, bebas dari KKN dan tanpa dipungut biaya.

“Kita betul-betul merekrut calon pegawai memiliki kompetensi, bukan CPNS yang hanya ongkang-ongkang kaki terima gaji buta,” tegasnya.

Dijelaskan, untuk mengontrol sesuatu yang bobrok bukan hal gampang. Harus terus dikontrol, dan bila ditemui ada permainan akan segera ditindaklanjuti. Pemerintah telah membuat berbagai kebijakan untuk menjamin tes berlangsung secara fairness. Tidak boleh lagi peserta lolos karena dekat dengan pejabat atau uang, sehingga PNS menjadi profesi yang membanggakan karena persaingan yang sehat.

"Seleksi CPNS ini menjadi pelajaran penting bagi anak daerah agar senantiasa meningkatkan kemampuannya," ucapnya.

Upaya tersebut diperkuat dengan adanya Undang-Undang Aparatur Sipil Negara, yang menegaskan tidak ada lagi  PNS daerah atau PNS pusat. Yang ada adalah PNS RI.
 
Selain melalui bimbingan, bagi pemda yang melakukan tes kompetensi bidang (TKB) sebenarnya dapat membuka ruang bagi putera daerah. (esy/jpnn)

* Hasil Pengumuman CPNS 2014 CPNS

Tulis Komentar
Nama
Email
Komentar
 
        1. 08.02.2014,
          19:39
          orang sunda
          gak usah dicolok PPP lah gara-gara abu bakar yg gak pasti janjinya dan tidak peduli k2 dianggap sblah mata From mobile
        2. 05.02.2014,
          08:36
          RAKYAT TELAH MENGETAHUI NILAI RAPORTMU.
          Untk para Bupati dan kep.drh yang menghambat umumkan hasil CPNS ,Kalau ingin calonkan apapun intropeksilah dulu.Kini nilai raportmu nerah semua.
        3. 17.01.2014,
          07:34
          PRIHATIN
          Maaf, kami turut prihatin atas fenomena gunung es dugaan 24 kejanggalan hasil tes CPNS 2013 jalur umum metode LJK di Panselnas atau di sebagian Daerah/Instansi, intinya:
          1. Sebelumnya, ada banyak Daerah/Instansi yang diketahui terlambat menyerahkan LJK kepada Panselnas hingga beberapa hari/beberapa minggu sejak hari tes metode LJK 3/11/13 baik secara disengaja/tidak disengaja.
          2. Ada banyak Daerah/Instansi yang menunda tanggal pengumuman hasil tes CPNS 2013 jalur umum metode LJK melebihi 24/12/13 (jadwal bersama) / melebihi 1/1/14 (deadline dari Panselnas).
          3. Ada banyak Daerah/Instansi yang sama sekali belum pengumuman hasil tes CPNS 2013 jalur umum metode LJK hingga sekarang (17/1/14), dst.
          4. Ada kesamaan hasil & kelabilan hasil atas Data Invalid antara Peserta yang tidak hadir dengan sebagian (10an% atau 70an ribu) Peserta yang hadir sama-sama dinyatakan Data Invalid, sebagaimana hasil input nomor peserta di situs resmi Panselnas sscn.bkn.go.id, cpns2.menpan.go.id, cpns2013.jpnn.com, & cpns.liputan6.com.
          5. Ada banyak yang pada awalnya dinyatakan 'Hasil LJK Tidak Valid', kemudian menjadi 'Data Tidak Valid.', dsb., dst.
          6. Ada banyak yang pada awalnya dinyatakan 'Anda salah memasukkan nomor', dsb. hingga sekarang, dst.
          7. Ada banyak yang pada awalnya dinyatakan 'Anda salah memasukkan nomor', kemudian menjadi 'Tidak Memenuhi Passing Grade' (tapi tanpa skor sama sekali), kemudian menjadi 'Data Tidak Valid!', dsb., dst.
          8. Ada banyak yang pada awalnya dinyatakan 'Kode Peserta Anda tidak ditemukan', kemudian menjadi 'Anda tidak memenuhi passing grade ()' (tapi tanpa skor sama sekali), kemudian menjadi 'Data Invalid. Silahkan hubungi instansi tempat anda melamar', kemudian menjadi 'Kode Peserta Anda tidak ditemukan. Silahkan hub. Instansi tempat anda melamar', dsb., dst.
          9. Ada yang mendapat pesan e-mail tertentu dari akun resmi panselnas@menpan.go.id beserta alasan anehnya.
          10. Ada banyak Nomor Peserta/Kode Soal yang dianggap ada digit yang kosong/double isi di LJK.
          11. Ada banyak Nomor Peserta yang dianggap ada digit yang keliru isi tidak sesuai biodata/absensi.
          12. Ada banyak Nomor Peserta yang dianggap ganda/milik Peserta lain.
          13. Ada banyak Kode Soal yang dianggap ada digit yang keliru isi tidak sesuai Daftar Kode Soal setempat/Jenjang Pendidikan/Jenis Tes.
          14. Ada banyak yang dianggap ikut lebih dari satu lokasi tes metode LJK berdasarkan Database Nomor KTP/NIK & Nama Peserta di LJK.
          15. Ada Peserta yang pada awalnya ditampilkan ada angka skor TKP, TIU, TWK, & total skor, kemudian menjadi hasil Data Invalid & mengalami kelabilan hasil sebagaimana dimaksud pada nomor 4 hingga 8 di atas.
          16. Ada banyak skor TKP, TIU, TWK, & total skor yang semuanya kembar identik milik beberapa Peserta/puluhan Peserta dalam formasi yang sama, bahkan ada banyak yang total skor tadi nyaris sempurna (mencapai 117 jawaban benar, hanya 3 jawaban salah).
          17. Ada Peserta yang diluluskan menjadi CPNS padahal masih termasuk Data Invalid/Tidak Memenuhi Passing Grade sebagaimana dimaksud pada nomor 4 hingga 8 di atas.
          18. Ada Peserta (misal: si A) yang diluluskan menjadi CPNS padahal masih ada Peserta selainnya (misal: si B) yang juga Memenuhi Passing Grade baik skor TKP, TIU, TWK, & total skor lebih tinggi rangkingnya si B di atas si A tadi, namun si B tidak diluluskan.
          19. Ada banyak Peserta yang menginput Nomor Pesertanya pada situs resmi di atas namun hasil yang ditampilkan malah milik Peserta selainnya (bukan Nama ybs).
          20. Ada banyak yang total skor TKB tidak dipertimbangkan secara proporsional, tetapi hanya rangking total skor TKD yang Memenuhi Passing Grade yang dipertimbangkan (padahal TKB juga ada yang mengadakan & ada total skor TKBnya).
          21. Ada banyak Daerah/Instansi yang meniadakan tahapan TKB secara mendadak, padahal Daerah/Instansi tertentu tersebut pada awalnya memang akan mengadakan tahapan TKB juga namun mendadak tahapan TKB ditiadakan setelah keluar hasil TKD.
          22. Sebaliknya, ada Daerah/Instansi yang mengagendakan tahapan TKB secara mendadak, padahal Daerah/Instansi tersebut pada awalnya hanya akan mengadakan TKD tanpa tahapan TKB, namun mendadak tahapan TKB diagendakan setelah keluar hasil TKD.
          23. Ada Peserta yang skor tahapan TKB yang dihadirinya/diikutinya bernilai 0,00.
          24. Ada banyak kejanggalan lainnya, ditemukan dari berbagai komentar dalam berita terdahulu, dst. terkait CPNS di situs resmi media partner jpnn.com, liputan6.com, dsb.
          Fenomena gunung es ini yakinlah suatu saat nanti pasti akan terbongkar/tetap tersembunyi, semuanya atas kehendak Allah, di Dunia/di Akhirat kelak. From mobile
        4. 16.01.2014,
          15:57
          Kutim rusak
          Pak mentri jgn cuma janji akan tindak lanjuti klu belum ada daerah yg umumkan hasil cpns.janci u talee janji doang semoga dpt rahasia ilahi pejabat kuta timur. From mobile
        5. 15.01.2014,
          12:58
          anton suseno
          saya minta doa restunya, semoga
          saya : ANTON SUSENO.
          NO test : 6476-42-00711-2.
          Pekerjaan : Kurir / pengantar surat Dinas.
          LOLOS CPNS 2014.
        6. 10.01.2014,
          17:30
          ngaliatmojo
          sth sy membc otobiogrf bpk bpt kutim sy percy bahwa bpk seorang negarawan yg bersih dan jujur.drpd bpk dilai cpns negatip.tlng cpt umumkan saja.
        7. 10.01.2014,
          09:57
          petek
          pak tolong di cek pengumuman d kutim, sampai skrng belum jelas kpn akan diumumkan. klau mmg mau lihatkan TK2d, mengapa saat penerimaan tdk sebutkan syaratnya, kalau yg diprioritaskan TK2D. jadi pelamar umum tdk prlu ikut lagi. jadi tolong dong diberikan kebijakan, klau mmg mw lhtkn TK2D, nntlah saat penerimaan berikutnya baru syaratkan untk TK2D. kasihan pak kita yg sdh ikut tes november lalu. mohon dipertimbangkan pak
        8. 10.01.2014,
          07:02
          Alasan yang dipaksakan itu bernama Zero Tolerance
          Alasan yang dipaksakan itu bernama Zero Tolerance, saking dipaksakannya hingga muncul alasan Data Invalid yang aneh-aneh seakan dibuat-buat TANPA bukti fisik yang kuat & meyakinkan bagi sekitar 10% Peserta jalur umum metode LJK, yang dinyatakan Data Invalid, yaitu intinya alasan:
          A-1. Jika kelengkapan isian NOMOR PESERTA ada digit yang kosong/double oleh keliru Peserta ybs di LJK;
          A-2. Jika kelengkapan isian KODE SOAL ada digit yang kosong/double oleh keliru Peserta ybs di LJK;
          B. Jika NOMOR PESERTA tidak ada dalam biodata/absensi, misal ada digit Nomor Peserta yang keliru isi oleh Peserta ybs di LJK;
          C. Jika NOMOR PESERTA ganda/nomor milik Peserta lain oleh keliru Peserta ybs di LJK;
          D-1. Jika KODE SOAL ada digit yang salah oleh keliru Peserta ybs di LJK, yang tidak ada dalam Daftar Kode Soal lokasi ujian ybs;
          D-2. Jika KODE SOAL ada digit yang salah oleh keliru Peserta ybs di LJK, yang tidak sesuai Jenjang Pendidikan ybs;
          D-3. Jika KODE SOAL ada digit yang salah oleh keliru Peserta ybs di LJK, yang tidak sesuai Jenis Tes ybs;
          E. Peserta ikut LEBIH dari 1 (satu) lokasi ujian, berdasarkan Database Nomor KTP/NIK Peserta ybs & isian NAMA PESERTA ybs.
          Sementara, jika & hanya jika Peserta ybs saat hari tes betul-betul meyakini 100% LJKnya tidak keliru dalam A-1, A-2, B, C, D-1, D-2, D-3, & E, jika semuanya yakin 100% tidak keliru, lalu sekonyong-konyong sistem Panselnas menyatakan LJK Peserta ybs Data Invalid, maka Peserta ybs harusnya boleh meminta LJKnya yang 'original', tapi kalau sebelum minta juga meragukan pula originalitasnya maka Peserta ybs dapat mengadukan Panselnas kepada Yang Maha Mengetahui Maha Menyaksikan segalanya (yaitu Allah) sepanjang siang & malam, yakinlah demi Allah Pengadilan-Nya di Akhirat nanti yang akan membuktikan & membalas semuanya ketika hari itu mata uang & pemaafan tidak berlaku lagi, yang ada hanya pertukaran pahala & dosa.
          :-) From mobile
        9. 08.01.2014,
          19:37
          Peserta CPNS Kuta timur
          Pak Mentri..
          Sampai saat ini Kuta Timur belum mengumumkan Hasil test TKD CPNS 2013 kemaren...
          Bagaimana sikap dan tindakan Bapak...
        10. 07.01.2014,
          14:52
          JEKO
          PENERIMAAN CPNS MASIH AMBURADUL