Pelayanan Publik di Daerah Masih Buruk

Pelayanan Publik di Daerah Masih Buruk
Pelayanan Publik di Daerah Masih Buruk

jpnn.com - JAKARTA -- Meski ada perbaikan namun dari penilaian Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Azwar Abubakar, pelayanan publik di daerah rata-rata masih buruk.

"Memang ada perbaikan tapi jalannya kurang cepat dan tidak merata. Intinya reformasi birokrasi itu harus memberikan pelayanan dasar yang cepat dan tepat," kata Azwar di kantornya, Selasa (28/1).

Dia mencontohkan pelayanan dasar yang harus dilakukan dengan cepat seperti kemudahan berusaha, sektor pendidikan, kesehatan. "Pengurusan KTP dan akte kelahiran harus cepat tidak boleh lama. Saya belum lihat ada daerah yang bisa cepat pengurusan KTP-nya dan gratis pula," ujarnya.

Politisi PAN ini memuji Kabupaten Banyuwangi yang melakukan inovasi layanan publik dengan sistem lahir procot, pulang bawa KTP. Meski sederhana namun ini memberikan kepuasan bagi masyarakat.

"Selama inikan pengurusan akte kelahiran prosesnya lama. Mudah-mudahan langkah pemda Banyuwangi bisa jadi contoh bagi daerah lainnya," terangnya.

Bagaimana dengan pengurusan KTP? "Kalau KTP masih lambat proses pengurusannya. Harusnya lebih cepat dan masyarakat tidak perlu mengeluarkan dana karena itu sudah dibiayai negara," tandas Azwar. (esy/jpnn)


JAKARTA -- Meski ada perbaikan namun dari penilaian Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Azwar Abubakar, pelayanan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News