JK Minta Akil Diberi Hukuman Maksimal

JK Minta Akil Diberi Hukuman Maksimal
JK Minta Akil Diberi Hukuman Maksimal

jpnn.com - JAKARTA -- Mantan Ketua Umum Partai Golkar, Jusuf Kalla alias JK sepakat agar mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK), Akil Mochtar diberikan hukuman maksimal atas dugaan suap yang dilakukannya.

"Sangat berbahaya. Karena itu tuntutannya maksimum itu bagus, harus itu," kata JK usai mengisi acara diskusi di KPK, Jakarta, Selasa (28/1).

Ketua Umum Palang Merah Indonesia ini menambahkan, tindakan Akil yang diduga menerima suap untuk memenangkan sengketa pemilihan kepala daerah merusak demokrasi. "Tentu salah dong, masa demokrasi memenangkan secara salah," ujar JK.

JK menyatakan, perbuatan yang dilakukan Akil tidak ada kaitannya dengan Golkar. Pasalnya, Akil melakukan tindakan itu berdasarkan profesinya sebagai hakim konstitusi.

"Dia (Akil) kan tidak bertindak lagi atas nama Golkar, dia kan bertindak atas nama profesi," ujar JK yang juga pernah menjadi Wakil Presiden Indonesia periode 2004-2009.

Seperti diketahui, KPK menjerat Akil sebagai tersangka kasus dugaan suap penanganan sengketa Pemilihan Kepala Daerah Gunung Mas, Kalimantan Tengah dan Lebak, Banten di MK. Selain itu, Akil dijerat dengan dugaan tindak pidana pencucian uang.

Akil juga ditetapkan sebagai tersangka kasus dugaan penerimaan hadiah terkait penanganan sengketa pilkada. Penerimaan hadiah ini di luar Pilkada Gunung Mas dan Lebak. (gil/jpnn)


JAKARTA -- Mantan Ketua Umum Partai Golkar, Jusuf Kalla alias JK sepakat agar mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK), Akil Mochtar diberikan hukuman


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News