Cegah Penipuan, Sarankan Siswa Rahasiakan Nomor Peserta

Cegah Penipuan, Sarankan Siswa Rahasiakan Nomor Peserta
Cegah Penipuan, Sarankan Siswa Rahasiakan Nomor Peserta

jpnn.com - JAKARTA - Pendaftaran seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri (SNM PTN) 2014 dibuka mulai 17 Februari hingga 31 Maret mendatang. Panitia memperkirakan jumlah peserta mencapai 900 ribu orang, sedangkan kuota atau kursi yang diperebutkan sekitar 150 ribu.

Kepala Humas Panitia Pusat SNM PTN 2014 Bambang Hermanto mengingatkan maraknya penipuan pada masa pendaftaran SNM PTN. Modusnya, ada oknum yang mengaku bisa meloloskan siswa masuk ke perguruan tinggi negeri tertentu dengan syarat membayar sejumlah uang.

Mereka berupaya menghubungi siswa sebanyak-banyaknya.  Untuk meyakinkan, penipu tidak minta uang di awal pendaftaran. Mereka minta uang ketika siswa tersebut dinyatakan diterima.

Karena itu, siswa diminta merahasiakan nomor peserta seleksi. "Pihak PTN benar-benar independen dalam menilai dan meluluskan pelamar SNM PTN. Tidak ada kongkalikong," tegas Bambang.

Bambang juga meminta siswa mencermati data rapor yang dimasukkan pihak sekolah ke panitia SNM PTN. Jika ada ketidakcocokan nilai di rapor fisik dengan data online, siswa harus melapor ke sekolah agar segera diperbaiki.

Jika ketidakcocokan mengandung unsur kesengajaan, kepesertaan SNM PTN siswa yang bersangkutan digugurkan. Sementara itu, pihak sekolah tidak bisa mengikuti SNM PTN tahun berikutnya.(wan/c10/ca)


JAKARTA - Pendaftaran seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri (SNM PTN) 2014 dibuka mulai 17 Februari hingga 31 Maret mendatang. Panitia memperkirakan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News