Siswa SMK Bersiap Diri Jalani Dua Ujian

Siswa SMK Bersiap Diri Jalani Dua Ujian
Siswa SMK Bersiap Diri Jalani Dua Ujian

jpnn.com - SURABAYA - Sekolah menengah kejuruan (SMK) tengah mempersiapakan ujian praktik kompetensi akhir bagi siswanya. Jadwal pelaksanaan diagendakan mulai Februari. Yang baru dari pelaksanaan uji kompetensi akhir itu adalah diberlakukannya dua sistem ujian. Yaitu, ujian kompetensi kejuruan (UKK) dan tugas akhir untuk dipamerkan.

Adanya dua sistem ujian tersebut menambah tugas berat para siswa SMK. Sebab, setelah melakukan praktik dan diuji guru, para siswa harus memamerkan hasilnya ke publik sebagai tugas akhir. Karena alasan itu, persiapan ujian praktik dilaksanakan lebih awal.

Persiapan sudah mulai tampak dilakukan siswa di SMKN 12 Surabaya sejak pekan ini. Terutama siswa dari jurusan pertunjukan. Misalnya, teater, tari, musik, karawitan, dan pendalangan. ''Jadwal ujian praktik akan dimulai per 1 Februari. Jadi, kami sudah mulai mempersiapkan siswa kami,'' ujar Ketua Jurusan Teater SMKN 12 Surabaya Harwi Mardianto.

Untuk bidang studi pertunjukan yang ada di SMKN 12, misalnya. Minimal harus ada 20 kali pertemuan sebelum pelaksanaan ujian. Itu juga berlaku untuk jurusan yang lain. ''Sebenarnya persiapan sudah mulai kami lakukan awal Januari karena banyaknya ujian yang harus dilakukan di sekolah ini,'' ujar Harwi.

Sementara itu, Plt Kabid Pendidikan Menengah dan Kejuruan Yusuf Masruh membenarkan bahwa pelaksanaan ujian parktik SMK dimulai Februari. Jadwal tersebut memang sesuai dengan pelaksanaan tahun ajaran 2013-2014. Sebab, setelah itu diadakan ujian sekolah pada Maret dan disusul unas.

''Siswa SMK mulai dipersiapkan ujian praktik, disesuaikan dengan jadwal masing-masing sekolah,'' ujarnya. (zal/ai)  


SURABAYA - Sekolah menengah kejuruan (SMK) tengah mempersiapakan ujian praktik kompetensi akhir bagi siswanya. Jadwal pelaksanaan diagendakan mulai


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News