Dahlan: Listrik di Sumut Teratasi tapi Masih Rawan

Dahlan: Listrik di Sumut Teratasi tapi Masih Rawan
Dahlan: Listrik di Sumut Teratasi tapi Masih Rawan

jpnn.com - JAKARTA - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan berujar bahwa krisis listrik di wilayah Sumatera Utara (Sumut) dan sekitarnya, kini sudah dapat diatasi. Hal itu terlihat dengan beroperasinya kembali pembangkit listrik di Belawan.

"Medan kemarin pembangkit di Belawan sudah hidup, kemudian yang di Kualanamu yang tidak diizinkan masyarakat sejak kemarin sudah lebih baik," ujar Dahlan usai Rapim BUMN di Kantor Bahana, Sudirman, Jakarta, Kamis (20/3).

Namun, meski sudah dapat mengatasi krisis listrik di wilayah Sumut, Dahlan katakan bahwa di Sumut masih rawan pemadaman. Terlebih bila pembangkit listrik yang lainnya mengalami gangguan, maka otomatis akan terjadi pemadaman kembali.

"Krisis teratasi, tapi kalau defisit masih belum bisa diatasi, jadi ini tetap rawan. Kalau yang satu (pembangkit) mati atau rusak ya sama saja atau ada gangguan misalnya tiang listriknya tertabrak truk," seru dia.

Salah satu jalan untuk mengurai defisit listrik di Sumut yakni, PLTU Pangkalan Susu harus segera dioperasikan, yang saat ini masih terganjal oleh pembebasan lahan dari Pangkalan Susu hingga Gardu Induk (GI) Binjai.

"Ke depan upayanya harus segera menyelesaikan Pangkalan Susu, karena ini kan 400 mega watt sehingga nanti bisa membantu," pungkas dia. (chi/jpnn)


JAKARTA - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan berujar bahwa krisis listrik di wilayah Sumatera Utara (Sumut) dan sekitarnya, kini


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News