Seribu Personel TNI akan Ditarik dari Riau

Seribu Personel TNI akan Ditarik dari Riau
Seribu Personel TNI akan Ditarik dari Riau

jpnn.com - JAKARTA - Hotspot dan asap akibat kebakaran lahan dan hutan di Riau dapat diatasi oleh Satgas Operasi Terpadu hingga saat ini. Titik api di Riau terus berkurang. Pada Minggu (30/3) titik api nihil, dan Senin (31/3) hingga saat ini hanya ada 1 titik di Indragiri Hilir.  Kualitas udara juga dilaporkan terus membaik.

"Pada hari ini kualitas udara sehat hingga sedang. Tidak ada lagi yang tergolong tidak sehat atau berbahaya. Jarak pandang 3-10 kilometer," kata juru bicara Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho, Selasa (1/4).
 
Sesuai perintah Presiden SBY, lanjut Sutopo, operasi terpadu mengatasi api dan asap di Riau dilaksanakan selama 3 minggu sejak 14 Maret 2014, maka operasi telah berhasil dilakukan dengan baik. Semua personil dan unsur yang terlibat all out – habis-habisan.

Kepala BNPB, Syamsul Maarif, selaku Dansatgas Operasi Terpadu terus memimpin di lapangan. Satgas darat, udara, penegakan hukum dan pelayanan kesehatan telah bekerja efektif. Untuk itu, maka tongkat estafet akan diserahkan kepada Gubernur Riau.

"Seribu personel Pasukan Reaksi Cepat Penanggulangan Bencana dari TNI akan ditarik kembali pada Jumat (4/4) nanti," kata kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB itu.

Sebelum kembali ke Jakarta semua personel akan diperiksa kesehatannya. Sebab, hampir 3 minggu mereka terpapar langsung oleh api dan asap. Seribu personel TNI itu akan diterbangkan ke Jakarta dengan 10 Hercules C-130 TNI AU.
 
Kepala BNPB juga telah berkoordinasi dengan Gubernur Riau dan jajarannya untuk persiapan penyerahan komando dan tanggung jawab dalam antisipasi agar bencana asap tidak terulang lagi di Riau. Besok Rabu (2/4) seluruh Kepala Desa, Camat, Danramil, Kapolres dan SKPD di daerah yang rawan kebakaran di Riau dikumpulkan. Bupati/Walikota akan berikrar melakukan pencegahan dan mengatasi bencana asap dengan mengerahkan seluruh potensi di daerahnya. "BNPB akan tetap memberikan pendampingan untuk penanganannnya," tegasnya.(ris/jpnn)


JAKARTA - Hotspot dan asap akibat kebakaran lahan dan hutan di Riau dapat diatasi oleh Satgas Operasi Terpadu hingga saat ini. Titik api di Riau


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News