Ridho-Herman Bersaing di Pilgub Lampung

Ridho-Herman Bersaing di Pilgub Lampung
Ridho-Herman Bersaing di Pilgub Lampung

jpnn.com - BANDARLAMPUNG – Seperti yang diprediksi banyak pihak, dua pasang calon yakni M. Ridho Ficardo-Bachtiar Basri (Ridho Berbakhti) dan Herman H.N.-Zainudin Hasan (Manzada), bersaing ketat dalam Pemilihan Gubernur Lampung. Rabu (9/4). Setidaknya, tiga hasil quick count (QC) menunjukkan keunggulan Ridho Berbakhti. Sementara dua lembaga lain memenangkan pasangan Herman H.N.-Zainudin Hasan.

Ridho Berbakhti menjadi yang pertama pada versi QC Rakata Institute setelah meraih perolehan suara 45,04 persen disusul pasangan Manzada dengan persentase suara 31,90 persen. Kemudian disusul pasangan Berlian Tihang-Mukhlis Basri (Berlian-Mu) dengan raihan 15,34 persen dan di urutan terakhir pasangan M. Alzier Dianis Thabranie-Lukman Hakim (Aman) yang hanya meraih 7,72 persen suara.

Namun, menurut Direktur Rakata Institute Eko Kuswanto, penghitungan suara pilgub yang ditutup hingga pukul 22.00 WIB tadi malam masih sangat prematur karena jumlah suara yang masuk baru mencapai 37,31 persen. Dengan tingkat kepercayaan 99 persen dan margin of error sebesar 1,5 persen.

’’Artinya, data yang kami keluarkan memang tidak benar-benar valid karena suara yang masuk masih belum dinilai cukup,” kata Eko seperti yang dilansir Radar Lampung (JPNN Group), Kamis (10/4).

Dia melanjutkan, seharusnya jika pengaturan penghitungan suara bisa berjalan dengan teknis yang berurutan, pada waktu Rakata Institute merilis pukul 21.30 WIB, tingkat kepercayaannya bisa lebih signifikan. "Kami mengalami kendala pada waktu di lapangan karena rata-rata penghitungan suara yang dilakukan di TPS tidak menggunakan aturan yang baku dari KPU,” katanya.

Eko menambahkan, untuk selanjutnya Rakata Institute masih tetap akan menghitung cepat. Namun, rilis yang diberikan kepada publik hanya sampai pukul 22.00 WIB. ’’Kita tetap hitung. Namun, hasilnya tidak untuk di-publish ke umum,” ujarnya.

Sementara hingga pukul 00.35 WIB tadi malam, Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) masih melakukan QC. Dari 300 sampel TPS, baru masuk 151 TPS.

’’Kita sudah 76 persen perolehan suara. Hasilnya, pasangan Ridho Berbakhti 43,51 persen, Manzada 32,91 persen, Berlian-Mu 15,89 persen, dan Aman 7,69 persen. Rencananya diterus hingga selesai malam ini, bergantung relawan. Tapi, menurut mereka, siap selesai malam ini,” kata Ketua Divisi Komunikasi DPD Partai Demokrat Lampung Imer Darius tadi malam.

BANDARLAMPUNG – Seperti yang diprediksi banyak pihak, dua pasang calon yakni M. Ridho Ficardo-Bachtiar Basri (Ridho Berbakhti) dan Herman H.N.-Zainudin

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News