Walikota Bandung Segera Temui Keluarga Bung Karno

Walikota Bandung Segera Temui Keluarga Bung Karno
Walikota Bandung Segera Temui Keluarga Bung Karno

jpnn.com - BANDUNG – Walikota Bandung, Ridwan Kamil kembali membahas progres mengenai revitalisasi situs Banceuy. Seperti diketahui, situs Banceuy yang merupakan saksi sejarah perjuangan Presiden pertama RI, Ir. Soekarno ini, kondisinya cukup memprihatinkan dan tidak terawat dengan baik.

 

Ditemui di Balai Kota Bandung, Jalan Wastukancana, kemarin (15/4), Ridwan menuturkan, dalam waktu dua minggu mendatang, dirinya akan menyambangi keluarga Ir Soekarno untuk meminta masukan terkait ide revitalisasi tersebut.

Selain Banceuy, beberapa situs lainnya yang akan direvitalisasi. Di antaranya Institut Teknologi Bandung (ITB), makam Marhaen, rumah Ibu Inggit Garnasih, Gedung Indonesia Menggugat (GIM), Lapas Sukamiskin, dan Gedung Konferensi Asia Afrika (KAA).

"Konsepnya wisata sejarah. Kita siapkan masterplan wisata sejarah Bung Karno dan sejarah ideologi-ideologi Bandung yang di dalamnya ada revitralisasi kawasan Bung Karno. Kalau tidak ada halangan, kita akan presentasi ke keluarga Bung Karno dalam dua minggu ini. Kita harus mendengar masukan keluarga," kata Ridwan.

Ridwan menuturkan, nantinya di sejumlah situs akan diberikan sentuhan yang mencirikan Bung Karno. Khusus di Situs Lapas Banceuy, akan dibuatkan patung Bung Karno dalam pose duduk dan sedang berpikir. Anggarannya sendiri, sambung Ridwan, berasal dari swadaya masyarakat.

"Pemkot Bandung memfasilitasi. Ada Tim ahli sejarah, arsitektur, pematung, dan relawan. Nanti pada saat proses, harus dikawal oleh masyarakat," ucapnya.

Disinggung mengenai tidak digunakannya APBD dalam proyek revitalisasi tersebut, Ridwan menuturkan karena besarnya animo banyak pihak untuk ikut andil dalam proses revitalisasi ini. Sehingga pihaknya pun memfasilitasi niat baik masyarakat dengan membagi tim yang berasal dari berbagai kalangan.

BANDUNG – Walikota Bandung, Ridwan Kamil kembali membahas progres mengenai revitalisasi situs Banceuy. Seperti diketahui, situs Banceuy yang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News