Satu Juta Buruh Siap Demo Pada May Day

Satu Juta Buruh Siap Demo Pada May Day
Satu Juta Buruh Siap Demo Pada May Day

jpnn.com - JAKARTA - Peringatan hari buruh sedunia selalu dilakukan dengan aksi demonstrasi. Untuk 1 Mei 2014 kali ini, sejuta buruh telah siap turun ke jalan untuk menyuarakan aspirasi mereka. hal tersebut diungkapkan oleh Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Said Iqbal melalui keterangan resminya kemarin.

Iqbal mengatakan, pada aksi kali ini ada sepuluh poin tuntutan yang akan disampaikan oleh para buruh pada pemerintah. Poin-poin tersebut antara lain, kenaikan upah minimum 2015 sebesar 30 persen, adanya jaminan pensiun wajib bagi buruh mulai Juli 2015 mendatang, penghapusan outsourcing terutama di perusahaan milik negara, permintaan untuk pengangkatan pegawai dan guru honorer menjadi pegawai negeri sipil.

"Akan ada long march dari Bunderah Hotel Indonesia sampai Istina Negara oleh sejuta buruh di seluruh Indonesia pada hari buruh (may day) 1 Mei 2014 nanti," tutur Iqbal. Siangnya, usai melakukan long march, para buruh akan digiring menuju Stadion Gelora Bung Karno. Di sana telah disiapkan May Day Fiesta yang diikuti oleh 120 ribu buruh se-Jabodetabek.

Dalam keterangannya, Said menuturkan, May Day 2014 juga akan diperingati serempak di 20 provinsi lainnya seperi Bandung, Jawa Barat; Semarang, Jawa Tengah; Surabaya, Jawa Timur; Medan, Sumatera Utara; dan Makassar, Sulawesi Selatan. Aksi akan berlangsung di kantor Gubernur setempat.

Iqbal mengatakan, meski 1 Mei telah ditetapkan sebagai hari libur nasional, hal itu tidak akan menyurutkan semangat buruh untuk terus menyuarakan tuntutan mereka. Terlebih tahun ini merupakan tahun penting bagi Indonesia yang akan mendapat pemimpin baru. kesempatan ini yang kemudian akan dimanfaatkan para buruh untuk lebih menggaungkan tuntutan mereka. (mia)

JAKARTA - Peringatan hari buruh sedunia selalu dilakukan dengan aksi demonstrasi. Untuk 1 Mei 2014 kali ini, sejuta buruh telah siap turun ke jalan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News