Pegadaian Targetkan Transaksi Capai Rp 3 T

Pegadaian Targetkan Transaksi Capai Rp 3 T
Pegadaian Targetkan Transaksi Capai Rp 3 T

jpnn.com - MALANG - PT Pegadaian (Persero) Malang mencatatkan transaksi  gadai sebesar Rp 2,4 triliun di tahun 2013 lalu. Capaian tersebut membuat omzet Pegadaian bertumbuh pesat, dan tahun ini targetnya lebih tinggi lagi yakni meningkat 25 persen.

Manager Pegadaian Area Malang, Bambang Munirianto mengatakan, tahun ini target penyalurannya meningkat sebesar Rp 600 miliar ketimbang 2013 lalu. "Tahun ini, Pegadaian Malang mendapat target sebesar Rp 3 triliun," katanya.

Dari raihan yang digapai di tahun lalu, sumbangsih paling  besar pada sektor gadai perhiasan sebesar 80 persen. Sementara sisanya pada gadai barang elektronik dan barang berharga sekitar 15 persen. Porsi paling kecil, pada jaminan gadai surat berharga berupa surat kendaraan bermotor.

"Memang selama ini Pegadaian dikenal dengan gadai emas. Sehingga, dalam setahun nasabah yang menggadaikan perhiasan mencapai Rp 1,95 triliun. Sedangkan untuk gadai barang elektronik masih kecil sekitar Rp 300 miliar," papar Bambang panjang lebar.

Menurutnya dengan capaian gadai barang elektronik tersebut tergolong besar. Salah satu faktornya, Kota Malang ini penuh dengan pelajar dan mahasiswa. Pada saat bulan tertentu, angka gadai meningkat. Misalnya menjelang tahun ajaran baru dan liburan.

"Mahasiswa berburu dana untuk liburan dan membayar kuliah. Barang elektroniknya seperti handphone, televisi hingga lemari es terkadang digadaikan. Tetapi ada siklusnya, seperti Mei dan Juni nanti pasti meningkat," bebernya kepada Malang Post (Grup JPNN).

Masih menurut dia, untuk tahun ini sekalipun target meningkat, Pegadaian tetap optimis. Selama 2014, tantangannya seperti banyaknya hari libur dan agenda politik. "Nasabah Pegadaian ini termasuk loyal. Mereka tidak melihat permasalahan politik," tambahnya.

Sesuai dengan pengakuan Bambang, bila di tahun lalu pencapaian transaksi gadai masih kurang dari target. Masih kurang Rp 100 miliar. Akan tetapi, dia tetap optimis untuk menggapai target yang diusung di tahun ini.

MALANG - PT Pegadaian (Persero) Malang mencatatkan transaksi  gadai sebesar Rp 2,4 triliun di tahun 2013 lalu. Capaian tersebut membuat omzet

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News