1.200 Pekerja Pelindo III Segera Dipindah

1.200 Pekerja Pelindo III Segera Dipindah
1.200 Pekerja Pelindo III Segera Dipindah

jpnn.com - JAKARTA - PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III telah membentuk anak usaha baru, yakni PT Pelindo Daya Sejahtera (PDS). Pembentukan PT PDS ini telah mengacu pada surat persetujuan akuisisi dan pendirian anak perusahaan PT Pelindo III dari Menteri BUMN nomor : S-701/MBU/2013 tanggal 22 November 2013.

Nantinya sebanyak 1.200 orang yang dipekerjakan di Pelindo III akan dipindahkan pengelolaannya di bawah PT PDS.

Direktur Personalia dan Umum PT Pelindo III A Edy Hidayat menjelaskan, pengalihan tenaga kerja ini dilakukan karena perseroan mendirikan anak usaha PDS yang khusus mengelola tenaga alih daya.

"Sekitar 1.200 orang itu dulu bekerja di bawah koordinasi koperasi dan dipekerjakan di Pelindo III. Karena perseroan membentuk usaha khusus terkait, maka pengelolaannya dialihkan," beber Edy dalam keterangan tertulisnya, Minggu (20/4).

Menurut Edy, tenaga kerja yang ditransfer, mayoritas bergerak di bidang pekerjaan penolong. Seperti satuan tenaga pengamanan, tenaga pas pelabuhan, foto copy, cleaning service. Namun, selepas anak usaha baru itu berjalan maka pekerjaan lain seperti bagian tiket, sekretaris hingga sopir bisa dialihdayakan.

”Intinya pekerjaan yang bersifat penunjang bisa dialihdayakan. Tapi pekerjaan inti seperti pemanduan dan operator tidak boleh. Mereka ini punya klasifikasi yang tidak bisa sembarangan,” pungkasnya. (chi/jpnn)


JAKARTA - PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III telah membentuk anak usaha baru, yakni PT Pelindo Daya Sejahtera (PDS). Pembentukan PT PDS ini telah


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News