Perang Dunia Maya gara-gara Anak Mau Ngompol

Perang Dunia Maya gara-gara Anak Mau Ngompol
Perang Dunia Maya gara-gara Anak Mau Ngompol

jpnn.com - HUBUNGAN Tiongkok dan Hongkong, wilayah teritorialnya yang bekas koloni Inggris, sedang tegang. Perang sedang berlangsung. Tentu bukan perang sungguhan. Perang itu adalah saling sindir dan saling semprot di dunia maya. Pemicunya, ada anak Tiongkok daratan yang disuruh orang tuanya pipis di pinggir jalan sibuk Hongkong.

Kejadian tersebut berlangsung di Mong Kok, salah satu distrik bisnis paling sibuk sejagat di Hongkong. Ketika itu seorang perempuan "tampaknya turis dari Tiongkok daratan" jongkok di pinggir jalan. Dia sedang me-natur (membantu) anak perempuannya pipis. Menurut Want China Times, itu terjadi karena anak tersebut sudah sangat kebelet padahal antrean toilet umum begitu panjang.

Tentu pemandangan tersebut sangat ganjil bagi warga Hongkong yang sudah sekian lama dididik disiplin ala Inggris. Pelakunya bisa didenda 2 ribu dolar Hongkong (sekitar Rp 2,9 juta) Padahal, pipis, meludah, bahkan "maaf" poop di pinggir jalan masih kerap ditemui di beberapa kota di Tiongkok.

Sejumlah orang pun mengerumuni anak yang berusia dua tahun itu. Beberapa orang memotret dan merekam dengan video. Tentu saja orang tua anak tersebut berang bukan kepalang.

"Anak ini mau ngompol. Lalu apa yang harus saya lakukan?" serunya sembari mencoba merebut kartu memori orang yang memotret anaknya pipis. Kericuhan pun terjadi di tempat yang juga kerap jadi jujukan turis itu.

Dan kericuhan lebih besar terjadi di dunia maya saat seorang pengguna mengunggah foto-foto peristiwa tersebut ke Weibo, Twitter ala Tiongkok. Kecaman demi kecaman terhadap orang tua anak yang pipis itu mencuat. Mereka dituduh jorok lah, tidak bisa menjaga kebersihan lah, tidak etis lah. "Kenapa sih dia nggak pakai Pampers?" gerutu seorang pengguna Weibo.

Balasan dari orang-orang Tiongkok daratan pun tak kalah ngeri. Seorang pengguna, sebagaimana dikutip South China Morning Post, menyerukan serangan balasan.

"Mari kita bawa anak-anak kita ke Hongkong dan pipisi jalanan mereka. Ayo kita lihat, siapa yang berani ambil gambar," seru pengguna Weibo yang beridentitas HaijiaoNo68 itu.

HUBUNGAN Tiongkok dan Hongkong, wilayah teritorialnya yang bekas koloni Inggris, sedang tegang. Perang sedang berlangsung. Tentu bukan perang sungguhan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News