Sangeanapi Meletus, Dua Bandara Ditutup

Sangeanapi Meletus, Dua Bandara Ditutup
Sangeanapi Meletus, Dua Bandara Ditutup

jpnn.com - JAKARTA - Letusan  Gunung Api Sangeanapi di Kabupaten Bima, Nusa Tenggara Barat, Jumat (30/5) sekira pukul 15.55 Wita berdampak luas termasuk di dunia penerbangan. Dua bandara di NTB pun harus ditutup.

"Dua bandara di NTB yaitu Bandara Bima dan Bandara Tambolaka ditutup sementara," kata Juru Bicara Badan Nasional Penanggulangan Bencana Sutopo Purwo Nugroho, Sabtu (31/5).

Selain itu, banyak daerah yang terkena hujan abu vulkanik. Antara lain, Kecamatan Wera, Sape, Ambalawi dan Kota Bima.

Dia menjelaskan Badan Penanggulangan Bencana Daerah Bima dan BPBD NTB telah mendistribusikan 15.200 masker kepada masyarakat Bima. "Persediaan masker di apotek dilaporkan telah habis sehingga dibutuhkan bantuan dari luar," katanya.

Bentuk antisipasi lain, masyarakat diimbau mengurangi aktivitas di luar rumah. Sementara BPBD, Tentara Nasional Indonesia, Kepolisian RI, Palang Merah Indonesia, Taruna Siaga Bencana, Satuan Kerja Perangkat Daerah dan lainnya telah melakukan penanganan darurat.

Sutopo menambahkan, sebanyak 22 kecamatan di Kabupaten Sumba Timur terkena hujan abu. Aktivitas masyarakat terganggu.

BPBD Sumba Timur telah mendistribusikan masker dengan jumlah terbatas. Persediaan masker di toko-toko dan apotik juga terbatas. "BPBD Sumba Timur tidak memiliki dana siap pakai sehingga telah mengajukan permintaan bantuan kepada BNPB," katanya.

Pada bagian lain, Sutopo menginformasikan bahwa pada  Minggu (1/6), Bupati Bima bersama unsur terkait akan menggelar rapat koordinasi penanganan dampak letusan Gunung Sangeangapi itu.

JAKARTA - Letusan  Gunung Api Sangeanapi di Kabupaten Bima, Nusa Tenggara Barat, Jumat (30/5) sekira pukul 15.55 Wita berdampak luas termasuk

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News