Dahlan Iskan: KAI Mampu Bangun Rel di Pelabuhan

Dahlan Iskan: KAI Mampu Bangun Rel di Pelabuhan
Dahlan Iskan: KAI Mampu Bangun Rel di Pelabuhan

jpnn.com - JAKARTA - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan memastikan bahwa PT KAI mampu dan punya kemampuan untuk menggarap pembangunan rel menuju Pelabuhan Tanjung Priok.

KAI, kata Dahlan, punya cukup dana untuk menggarap rencana pembangunan rel yang sudah digagas sejak lama oleh Kementerian Perhubungan. Dengan kemampuan itu, ia berharap Kemenhub bisa memberikan lampu hijau.

"KAI punya uang, punya kemampuan bangun rel di sana. Kira-kira diperlukan membangun rel 300-500 meter untuk masuk sampai ke pelabuhan, dananya sekitar Rp 20 miliar. Makanya kita berharap perhubungan berikan izin," ujar Dahlan di Jakarta, Kamis (12/6).

Bila pembangunan rel itu sudah rampung, truk-truk ataupun kontainer pengangkut barang tak perlu lagi terhambat masuk ke Pelabuhan Tanjung Priok karena macet di perjalanan.

"Rel kereta api akan menambah kapasitas yang sangat besar, karena langsung menuju ke kontainer. Misalnya, kalau selama ini bisa tiga gerbong rangkaian KA yang bisa masuk pelabuhan, nanti bisa 20 rangkaian KA yang masuk per hari. Kalau satu rangkaian bisa isi 30 gerbong, maka totalnya 600. Artinya sudah bisa mengurangi 600 truk sekali jalan," papar pria asal Magetan ini. (chi/jpnn)

JAKARTA - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan memastikan bahwa PT KAI mampu dan punya kemampuan untuk menggarap pembangunan rel


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News