Persaingan Harga TBS Untungkan Petani

Persaingan Harga TBS Untungkan Petani
Persaingan Harga TBS Untungkan Petani

jpnn.com - TELUKKUANTAN - Kepala Dinas Perkebunan Kuantan Singingi, H Wariman DW SP menilai, banyaknya pabrik kelapa sawit (PKS) di Kabupaten Kuantan Singingi sangat menguntungkan bagi para petani. Oleh karenanya, seluruh perusahaan diingatkan agar bersaing secara sehat dalam menetapkan harga tandan buah sawit (TBS) ini.

‘’Kalau perusahaan sawit banyak di daerah, ini sangat menguntungkan bagi petani kami. Tentunya mereka harus transparan soal penetapan harga ini,’’ kata Wariman seperti diberitakan Riau Pos (Grup JPNN) hari ini.

Seluruh perusahaan yang bergerak di bidang perkebunan sawit, diharapkannya, supaya terbuka soal harga tandan buah segar. Pasalnya, selama ini banyak juga petani karet yang mengeluhkan harga TBS memiliki selisih perbedaan harga mencolok. ‘’Ini harus menguntungkan petani,’’ katanya.

Dia tidak menginginkan petani sawit selalu dirugikan soal penentuan harga sawit, apalagi banyak perusahaan sawit harganya masing-masing berbeda. Ke depan, perbedaan harga itu harus menguntungkan petani sawit itu sendiri.

Sejauh ini, harga TBS di perusahaan hanya dinikmati oleh petani yang langsung bekerjasama dengan perusahaan, namun tidak dinikmati oleh para petani yang menjual melalui tauke-tauke sawit.

‘’Kalau terjadi perbedaan harga antara perusahaan dengan tauke tentu jangan terlalu mencolok,’’ ujarnya mengharapkan.(jps)


TELUKKUANTAN - Kepala Dinas Perkebunan Kuantan Singingi, H Wariman DW SP menilai, banyaknya pabrik kelapa sawit (PKS) di Kabupaten Kuantan Singingi


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News