Daftar Haji Sekarang, Berangkat 11 Tahun Lagi

Daftar Haji Sekarang, Berangkat 11 Tahun Lagi
Daftar Haji Sekarang, Berangkat 11 Tahun Lagi

jpnn.com - PURWAKARTA - Daftar tunggu ibadah haji Kabupaten Purwakarta diperkirakan mencapai tahun 2025. Ini artinya, jika daftar haji sekarang, kemungkinan bisa berangkat 11 tahun lalu.

Kemungkinan tersebut bisa saja lebih singkat bila kuota ibadah haji di Purwakarta kembali normal sebanyak 751 jamaah setiap tahunnya.

Saat ini, kuota calon jamaah haji di seluruh Indonesia masih dikurangi oleh pemerintah Arab Saudi. Pengurangan tersebut lantaran ada pembangunan sarana di sekitar Kakbah tempat jamaah tawaf.

Akibatnya, berdampak pada kuota calon jamaah haji termasuk di Purwakarta. Saat normal, kuota jamaah haji asal Purwakarta sebanyak 751 orang namun karena dikurangi kuota jamaah haji menjadi 601 orang.

"Kuota normal Purwakarta 751, karena ada pemotongan seluruh dunia, dari kuota tersebut dikurangi 20 persen," imbuh Kasi Haji dan Umrah, Zaenal Mutaqin kepada Pasundan Ekspres (JPNN Group), Jumat (4/7).

Kemungkinan kuota jamaah haji kembali normal pada tahun 2017 setelah pembangunan selesai. Sehingga menurut Zaenal, daftar tunggu calon jamaah haji bisa saja lebih singkat.

"Sampai renovasi Masjidil Haram selesai pada 2017 selama tahun itu pemotongan terus berjalan," ujarnya.

Pengurangan kuota jamaah haji berpengaruh pada seleksi pemberangkatan jamaah haji. Sistem Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat) akan memberangkatkan jamaah haji sesuai dengan nomor pendaftaran.

PURWAKARTA - Daftar tunggu ibadah haji Kabupaten Purwakarta diperkirakan mencapai tahun 2025. Ini artinya, jika daftar haji sekarang, kemungkinan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News