Leon Panetta Pimpin CIA

Leon Panetta Pimpin CIA
Leon Panetta Pimpin CIA
WASHINGTON - Dua pekan menjelang pelantikannya, Presiden Amerika Serikat (AS) terpilih Barack Obama melengkapi tim pertahanan keamanan dengan menunjuk ketua CIA. Senin lalu (5/1), dia memilih mantan Kepala Staf Gedung Putih Leon Panetta. Tokoh 70 tahun itu diharapkan bisa memberikan sentuhan baru yang segar terhadap lembaga tilik sandi itu.

"Dia adalah seorang yang sangat kredibel bagi Kongres Demokrat. Dia juga seorang yang tahu persis cara kerja Gedung Putih, bukan sekadar memberikan perspektif sebagai outsider saja," papar James Lewis, seorang pakar intelijen pada Center for Strategic and International Studies, seperti dilansir Agence France-Presse. Selain itu, kata Lewis, dia juga sangat mengenal Obama dan memahami kebutuhan serta keinginannya.

Komentar senada datang dari Lee Hamilton, mantan anggota Kongres Demokrat dari Indiana. Sebagai pelayan negara, Panetta bukan orang baru. Tapi, di bidang intelijen, dia benar-benar masih hijau. Sebab, dia tidak memiliki latar belakang intelijen atau berkecimpung di bidang tersebut. "Sepertinya, presiden memang membutuhkan perspektif orang baru di CIA," tandas pria yang kini memimpin Woodrow Wilson Center tersebut. (hep/ttg)

WASHINGTON - Dua pekan menjelang pelantikannya, Presiden Amerika Serikat (AS) terpilih Barack Obama melengkapi tim pertahanan keamanan dengan menunjuk


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News