PT Telkom Bangun Mega Infrastruktur Kabel Bawah Laut Indonesia-AS

PT Telkom Bangun Mega Infrastruktur Kabel Bawah Laut Indonesia-AS
PT Telkom Bangun Mega Infrastruktur Kabel Bawah Laut Indonesia-AS

jpnn.com - LOMPATAN besar sedang dilakukan PT Telekomunikasi Indonesia, (Telkom). Melalui anak usahanya, PT Telekomunikasi Indonesia Internasional (Telin), Telkom membangun infrastruktur jaringan serat optik yang menghubungkan berbagai belahan dunia sepanjang 15.000 km.

Tidak hanya menjadi perusahaan telekomunikasi terbesar di Indonesia, Telkom siap mewujudkan Indonesia Global Networks melalui pembangunan kabel laut internasional. Sebelumnya, Telkom ikut serta dalam pembangunan sistem komunikasi kabel laut yang menghubungkan Indonesia ke negara-negara belahan Barat hingga Eropa melalui Konsorsium South East Asia - Middle East-Western Europe 5 (SEA-ME-WE 5) pada tanggal 7 Maret 2014 lalu.

Kini, Telkom melalui Telin kembali bergabung bersama operator kelas dunia lainnya dalam Konsorsium South East Asia–United States (SEA-US). Konsorsium ini melakukan penandatanganan kontrak kerja bersama pembangunan Sistem Kabel Laut International yang menghubungkan Indonesia ke belahan Timur hingga Amerika tadi malam di Hotel Kempinsky, Jakarta (28/8).

Tidak berhenti di sini, Telkom juga sudah mengantongi rencana pembangunan jaringan kabel laut yang diberi nama Indonesia Global Gateway. Proyek baru ini akan menghubungkan SEA-ME-WE 5 dengan SEA-US. Ketiga infrastruktur besar kabel laut berskala dunia ini melengkapi infrastruktur internasional yang telah dimiliki Telin sebelumnya.

Penandatanganan konsorsium SEA-US dilakukan oleh Presiden Direktur Telin, Syarif Syarial Ahmad bersama perwakilan konsorsium lainnya di Hotel Indonesia Kempinski Jakarta, Indonesia (28/8). Turut hadir dalam acara tersebut Direktur Utama Telkom, Arief Yahya dan Direktur Wholesale & International Services Telkom, Ririek Adriansyah.

Submarine Cable System SEA-US merupakan sistem kabel bawah laut yang mempunyai panjang sekitar 15.000 KM yang membentang dari Indonesia ke Amerika. Kabel laut SEA US menghubungkan lima area dan teritori yaitu Manado (Indonesia), Davao (Philippines), Piti (Guam), Oahu (Hawaii, United States), dan Los Angeles (California, United States).

Direktur Utama Telkom Arief Yahya mengatakan, Indonesia siap menghadirkan Indonesia Global Networks yang menghubungkan jalur komunikasi global melalui pembangunan SEA-ME-WE 5 dan SEA-US.

"Infrastruktur SEA-US ini adalah kabel laut pertama yang menghubungkan Indonesia bagian timur ke Amerika Serikat. Terhubung dengan infrastruktur milik Telkom, sistem kabel laut ini mampu menyediakan latency yang paling rendah dari Indonesia ke Amerika Serikat dibandingkan dengan sistem kabel laut international lain yang sudah ada saat ini," ujar Arief.

LOMPATAN besar sedang dilakukan PT Telekomunikasi Indonesia, (Telkom). Melalui anak usahanya, PT Telekomunikasi Indonesia Internasional (Telin),

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News