Indonesia Tuan Rumah UNAOC ke-6, Kehormatan dari Dunia Internasional

Indonesia Tuan Rumah UNAOC ke-6, Kehormatan dari Dunia Internasional
Mahir Bayasut foto bersama sejumlah menteri di Forum Global ke-6 Aliansi Peradaban PBB di Nusa Dua. Foto: ist

jpnn.com - NUSA NUA - Ditunjuknya Indonesia sebagai tuan rumah acara Forum Global ke-6 Aliansi Peradaban PBB (Global Forum of the United Nations Alliance of Civilizations/UNAOC), dinilai sebagai bentuk kehormatan dari dunia internasional.

Terlebih, di acara yang diselenggarakan di Nusa Dua, Bali, 28-29 Agustus 2014, ini, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) akan menjadi pembicara kunci pada Forum Global ke-6 tersebut.

Mahir Bayasut sebagai satu-satunya delegasi yang dikirim oleh Dewan Pengurus Pusat (DPP) Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) mengatakan, bahwa pertama kalinya di kawasan Asia Pasifik, yaitu Indonesia sebagai tuan rumah penyelenggaraan UNAOC.

“Kegiatan ini diikuti hampir lebih dari 45 negara dan dengan terpilihnya Indonesia sebagai tuan rumah dapat dimaknai sebagai bentuk pencapaian dan apresiasi oleh internasional bahwa Indonesia dapat menjadi role model bagaimana sebuah negara yang harmonis antarkeberagaman suku, agama, ras, budaya,” kata Mahir dalam keterangan persnya, Jumat (29/8).

Forum Global ke-6 ini bertajuk “Unity in Diversity: Celebrating Diversity for Common and Shared Values”, dimana tema ini bertujuan untuk mendorong terciptanya harmoni antarperadaban.

Menurut Mahir, tema yang diambil dalam Forum Global ke-6 ini sebenarnya sudah menjadi motto bangsa Indonesia, yaitu Bhinneka Tunggal Ika. Secara formal, Bhinneka Tunggal Ika diterjemahkan dalam bahasa Inggris menjadi “Unity in Diversity.”

Mahir yang menjadi delegasi pemuda Indonesia berpendapat, dalam konteks kepemudaan di tengah banyaknya etnis dan budaya di dalam Indonesia itu sendiri, pemuda harus mampu menjaga nilai Unity in Diversity dalam konteks sumpah pemuda saat ini.

"Sehingga perjuangan bangsa Indonesia dalam mencapai keinginan untuk Satu Tanah Air, Satu Bangsa, Satu Bahasa Persatuan dapat tercapai.

NUSA NUA - Ditunjuknya Indonesia sebagai tuan rumah acara Forum Global ke-6 Aliansi Peradaban PBB (Global Forum of the United Nations Alliance of

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News