Inilah Nama 48 Anggota Dewan Terpilih yang Terjerat Korupsi

Inilah Nama 48 Anggota Dewan Terpilih yang Terjerat Korupsi
Inilah Nama 48 Anggota Dewan Terpilih yang Terjerat Korupsi

jpnn.com - JAKARTA--Indonesia Corruption Watch (ICW) merilis 48 nama anggota DPR RI maupun DPRD terpilih yang terjerat kasus dugaan korupsi dari berbagai wilayah yang terdata.

Menurut Peneliti ICW Ade Irawan, pada tingkatan proses hukum saat ini 32 orang politikus masih dalam proses penyidikan. Sedangkan 15 orang lainnya masih dalam proses persidangan dan telah divonis bersalah di pengadilan.

"Sebanyak 3 orang dalam proses persidangan di Pengadilan Tindak. Pidana Korupsi. 12 orang lainnya sudah divonis bersalah di pengadilan dan 3 orang lainnya mendapatkan vonis di tingkat kasasi atau telah inkrach," ujar Ade dalam jumpa pers di kantor ICW, Jakarta Selatan, Senin, (15/9). (flo/jpnn)

Berikut nama para anggota dewan yang dirilis ICW tersebut :

   1.  Rizki Taufik asal Partai Demokrat
Terpilih sebagai anggota DPRD Kabupaten Bandung . Terjerat dalam kasus penyalahgunaan dana pada proyek pembangunan taman, lapangan upacara dan fasilitas parkir di 29 sekolah dasar di Kabupaten Bandung.  Status hukum sebagai tersangka.  Saat ini ditangani di Kejaksaan Negeri Bale Bandung. Dilantik 25 Agustus 2014 dan saat ini ditahan LP Kebon Waru.

   2.  HM Rido Harahap asal Partai Demokrat. Anggota DPRD Kabupaten Padang Lawas. Tersangkut kasus dugaan korupsi Multiyears. Kini menjadi tersangka di Kepolisian Daerah Sumatera Utara. Dilantik  18  Agustus  2014.

   3.  Sunardi asal Demokrat. Anggota DPRD Situbondo. Terjerat kasus dana parpol yang diterima DPC Partai Demokrat (PD) Situbondo tahun 2012. Status hukum sebagai tersangka di Polres Situbondo.Dilantik 21 Agustus 2014.

   4.  Jero Wacik dari Partai Demokrat. Anggota DPR RI terpilih. Terjerat kasus korupsi dan pemerasan di lingkungan Kementrian ESDM  sebagai tersangka di KPK. Saat ini belum dilantik.

JAKARTA--Indonesia Corruption Watch (ICW) merilis 48 nama anggota DPR RI maupun DPRD terpilih yang terjerat kasus dugaan korupsi dari berbagai wilayah

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News