36 Merek Otomotif Ikut Partisipasi dalam IIMS

Industri Nasional Kian Positif

36 Merek Otomotif Ikut Partisipasi dalam IIMS
Salah satu mobil yang dipamerkan di IIMS. Foto: M. Kusdharmadi/JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - The 22nd Indonesia International Motor Show (IIMS) 2014 kembali menyapa pecinta otomotif tanah air setelah resmi dibuka Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi, Kamis (18/9), di Jakarta International Expo, Kemayoran, Jakarta Pusat.

Pameran yang bakal hadir 18-28 September 2014, ini menempati lahan seluas 83.137 m² atau naik 10 persen dibandingkan pameran tahun lalu. Mendag Lutfi menyatakan bahwa investasi di industri otomotif adalah investasi yang penting karena bisa menciptakan nilai tambah. Lutfi mengaku telah mendapatkan komitmen dari para pemain industri otomotif global, khususnya Jepang yang menyatakan komitmen mereka untuk berinvestasi di Indonesia.

Kata dia, kapasitas produksi Daihatsu, Toyota, Mitsubishi, dan Suzuki di Indonesia rata-rata akan naik dua kali lipat. "Mitsubishi bahkan baru saja mengumumkan akan menginvestasikan hampir USD 1 miliar di Indonesia,” ujar Lutfi.

Lutfi menyatakan IIMS akan memiliki peran penting di kancah global. Ia meyakini bahwa dalam lima tahun ke depan IIMS akan menjadi forum penting di tingkat regional. Bahkan, dalam 10 tahun ke depan IIMS akan menjadi forum penting di tingkat global. 

Dalam kesempatan tersebut, ia juga mengingatkan industri otomotif untuk tidak melupakan industri kecil dan menengah karena mereka akan menjadi penopang utama industri utama otomotif dan suku cadang.
 
Ketua Umum Gaikindo Sudirman MR yang mendampingi Lutfi memaparkan lebih jauh keberhasilan industri otomotif Indonesia. Sepanjang 2013 angka produksi mobil tercatat mencapai 1.206.543 unit, sedangkan pada tahun 2014 jumlah merek yang diproduksi di Indonesia pada tahun ini tercatat 16 merek, dan sampai dengan bulan Agustus angka produksi mobil telah mencapai 878 ribu unit, naik lebih dari 14 persen dibandingkan produksi mobil pada periode yang sama tahun lalu.

Ia memperkirakan bahwa sampai dengan akhir tahun, produksi mobil di Indonesia bisa mencapai angka 1,4 juta unit. Penjualan mobil di Indonesia juga mencerminkan peningkatan positif. Penjualan dalam negeri selama tujuh tahun terakhir hingga 2013 mengalami pertumbuhan rata-rata  sebesar 23,4 persen.

Tahun ini tercatat 36 merek anggota Gaikindo serta 286 industri pendukung kembali berpartisipasi dalam IIMS 2014. Dari 36 merek yang tampil di IIMS, terdapat 29 kendaraan penumpang (passanger cars) yakni  Alfa Romeo, Audi, BMW, MINI, Chevrolet, Daihatsu, Datsun, Ford, Jeep, Chrysler, Dodge, FIAT, Jaguar, Land Rover, Mercedes-Benz, Smart, Renault, Hyundai, Honda, KIA, Mazda, Mitsubishi Motors, Nissan, Infiniti, Suzuki, Subaru, Toyota, Tata Motors, VW. Kemudian tujuh merek kendaraan komersial (commercial vehicles) yang terdiri dari FAW, Hino, Isuzu, Mitsubishi FUSO, Tata Motors, Toyota Dyna, UD Trucks.  (boy/jpnn)

JAKARTA - The 22nd Indonesia International Motor Show (IIMS) 2014 kembali menyapa pecinta otomotif tanah air setelah resmi dibuka Menteri Perdagangan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News