Jokowi Resmikan ‘Pasar Klewer Pindah ke Jakarta’

Jokowi Resmikan ‘Pasar Klewer Pindah ke Jakarta’
Jokowi dan JK saat meresmikan festival batik di Pasaraya. FOTO: Girsang/jpnn

jpnn.com - JAKARTA - Presiden terpilih Joko Widodo begitu antusias memperingati Hari Batik. Bahkan, hari ini, Jokowi meresmikan festival batik di Pasaraya, Blok M, Jakarta. Acara yang bertema Pasar Klewer Solo Pindah ke Jakarta di Pasaraya itu digelar sebagai penghargaan tertinggi untuk karya seni batik Indonesia yang kini telah mendunia.

“Batik adalah sebuah produk industri kreatif indonesia berbasis budaya. Dengan itu diharapkan semuanya bergerak, terutama industri-industri kecil lain tenun ikat, sarung goyor, industri bordir, dan lain-lain. Tapi memang dibutuhkan sentuhan dari berbagai pihak. Misalnya perancang, untuk memajukan usaha-usaha kecil atau mikro agar bisa dibawa ke tingkat yang lebih atas,” ujarnya Jokowi.

Jokowi yakin, jika negara hadir dalam memberi dukungan, maka usaha-usaha kecil akan tumbuh dengan pesatnya. Karena itu dalam sambutannya, mantan Wali Kota Surakarta ini, mengharapkan para Duta Besar Indonesia di luar negeri tidak lagi hanya melakukan diplomasi politik, namun dapat melakukan diplomasi dagang. 

Sehingga bisa memperkenalkan, menjual, dan memasarkan produk-produk usaha kecil dan menengah yang ada di desa-desa di Indonesia. Sehingga mereka terdorong dapat menghasilkan barang-barang yang berkualitas baik.

Sementara itu President Director Pasaraya, Medina Latief Harjani, menilai gagasan Jokowi mengembangkan industri kreatif memiliki visi yang begitu tajam dalam konsep dan pengejawantahan ekonomi kerakyatan dan industri kreatif.  Hal ini diyakini akan membuat industri batik akan lebih cepat berkembang.

“Jadi kita sangat menyambut baik gagasan beliau. Pasaraya sebagai institusi usaha pertama dan terbesar saat ini telah menginjak usia ke-41 tahun, terus mengembangkan usaha barang-barang kerajinan dan industri kecil dari seluruh kepulauan nusantara," katanya.

Pasaraya menurut Medina, secara sungguh-sungguh kini terus mengembangkan usaha industri kecil dan kerajinan sebagai hasil budaya bangsa yang sekarang berkembang menjadi industri kreatif dengan konsep pembinaan berkelanjutan bersama para pengusaha kecil dari seluruh kepulauan di Nusantara,” katanya. (gir/jpnn)

JAKARTA - Presiden terpilih Joko Widodo begitu antusias memperingati Hari Batik. Bahkan, hari ini, Jokowi meresmikan festival batik di Pasaraya,


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News