Kemendagri Mulai Kaji Pembentukan Provinsi Papua Tengah

Kemendagri Mulai Kaji Pembentukan Provinsi Papua Tengah
Kemendagri Mulai Kaji Pembentukan Provinsi Papua Tengah

jpnn.com - JAKARTA – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo, mengakui dalam waktu dekat pihaknya akan menerima perwakilan masyarakat yang menginginkan pembentukan Provinsi Papua Tengah, yang ingin mekar dari Provinsi Papua.

Menurut Tjahjo, dalam pertemuan direncanakan akan dibicarakan berbagai hal terkait tindaklanjut proses pemekaran, setelah sebelumnya usulan pemekaran Provinsi Papua Tengah telah dibahas oleh DPR RI periode 2009-2014.

“Sebentar lagi kami (Kemendagri,red) akan menerima delegasi masyarakat yang menginginkan adanya Provinsi Papua Tengah. Itu (usulan,red) kan sudah proses. Sedang kita kaji dulu, nanti akan kita bentuk tim. Ini kan daerah yang luas,” katanya di Gedung Kemendagri, Jakarta, Senin (3/11).

Tjahjo membuka peluang pemekaran Papua Tengah menjadi salah satu prioritas Kemendagri, mengingat kebutuhan yang mendesak dan cakupan daerah yang cukup luas. Sehingga dinilai perlu adanya pemekaran.

“Sepanjang pemekaran itu tujuannya untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat, memeratakan pembangunan daerah, ya enggak ada masalah,” katanya.

Meski begitu, Kemendagri kata Tjahjo, tentu tidak sembarangan melakukan pemekaran. Menurutnya, perlu kajian yang mendalam, terutama kemampuan daerah untuk membiayai pemerintahan yang ada nantinya.

“Jadi sepanjang PAD (Pendapatan Asli Daerah)-nya cukup, tentu akan kita lakukan. Jangan dibangun (dibentuk daerah pemekaran baru, red) tapi mengandalkan anggaran dari pusat,” katanya.(gir/jpnn)

 


JAKARTA – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo, mengakui dalam waktu dekat pihaknya akan menerima perwakilan masyarakat yang menginginkan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News