Balikpapan Kota Terbersih di ASEAN

Balikpapan Kota Terbersih di ASEAN
Balikpapan Kota Terbersih di ASEAN

jpnn.com - BALIKPAPAN - Keberhasilan Kota Balikpapan menyabet 3 kategori daalm ajang ASEAN Environmentally Suistainable Cities (ESC) Award 2014 yang berlangsung di Loa Plaza Hotel, Laos, Kamis (30/10).

Penghargaan kali ini sungguh luar biasa karena Kota Minyak ini berhasil menyabet semua kategori yakni clean land, clean water dan clean air sehingga Balikpapan menjadi Kota Terbersih di ASEAN (Negara-negara Asia Tenggara).

Sedangkan Tangerang yang juga mewakili Indonesia hanya menyabet 1 penghargaan yakni clean air. Menurut Riza Anwar, warga Klandasan Ulu, keberhasilan Kota Balikpapan meraih penghargaan di tingkat ASEAN ini berkat pembangunan berkelanjutan yang dilakukan Pemkot Balikpapan.

"Saya melihat komitmen Pemkot dalam menjaga kebersihan dan lingkungan hidup sehingga berhasil meraih penghargaan bergengsi ini karena pembangunan berkelanjutan," ujar Riza kepada Balikpapan Pos (JPNN Grup).

Wali Kota Balikpapan, Rizal Effendi mengatakan, penghargaan ini merupakan suatu kebanggan bagi masyarakat dan Pemkot karena Balikpapan ditunjuk oleh Kementerian Lingkungan Hidup (KLH) untuk mewakili Indonesia bersama Tangerang dalam event lingkungan hidup tingkat Asia Tenggara ini.

Dalam event ini kata Rizal, pihaknya hanya menyerahkan data-data dan video tentang pengelolaan clean land, clean water dan clean air untuk dinilai oleh panitia ESC.

"Saya atas nama Pemerintah Kota mengucapkan terima kasih kepada masyarakat dan seluruh pihak terkait yang telah bersama-sama menjaga lingkungan hidup dengan baik sehingga berhasil meraih penghargaan ini,"  ujar Wali Kota Rizal Effendi.

Menurutnya, dengan adanya penghargaan ini tidak akan membuat pihaknya terlena. Tetapi, justru akan menambah motivasi untuk terus menjaga dan memperbaiki lingkungan hidup guna mewujudkan kota nyaman dihuni. (vie)


BALIKPAPAN - Keberhasilan Kota Balikpapan menyabet 3 kategori daalm ajang ASEAN Environmentally Suistainable Cities (ESC) Award 2014 yang berlangsung


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News