Banjir Rendam Ribuan Rumah di Kabupaten Bandung

Banjir Rendam Ribuan Rumah di Kabupaten Bandung
Banjir Rendam Ribuan Rumah di Kabupaten Bandung. Foto: Ilustrasi/JPNN

jpnn.com - BALEENDAH -  Ribuan rumah di Kecamatan Baleendah dan Dayeuhkolot Kabupaten Bandung terendam banjir. Berdasarkan informasi yang dihimpun, banjir mulai menggenang dua Kecamatan tersebut pada Rabu (19/11) malam.

Menurut warga, sebenarnya banjir mulai terjadi pada Selasa (18/11) lalu, namun genangan air belum terlalu tinggi dan hanya terjadi ketika hujan mengguyur saja, beberapa saat setelah hujan reda, air surut kembali.

"Hari Selasa (18/1) sudah mulai ada banjir, tapi surut kembali. Kalau sekarang (kemarin,red) sampai siang air belum surut," tutur Komarudin (60) salah seorang warga Kampung Balero, RT 03/08 Desa Dayeuhkolot, Kecamatan Dayeuhkolot, dilansir Radar Bandung (Grup JPNN.com), Jumat (21/11).

Berdasarkan pantauan, air sudah menggenangi rumah warga di Desa Dayeuhkolot Kecamatan Dayeuhkolot dan Kelurahan Andir Kecamatan Baleendah, pada siang hari ketinggian air mencapi sekitar 30-50CM, bahkan menurut warga, pada Rabu (19/11) malam, ketinggian air mencapai satu meter.

Di Kecamatan Dayeuhkolot banjir melanda dua RW di Kampung Leuwibandung, Desa Dayeuhkolot. Sedangkan di Kecamatan Bojongsoang menimpa Kampung Cijagra, Desa Bojongsoang.

Sementara di Kecamatan Baleendah banjir menggenangi Kampung Cieunteung, Kelurahan Baleendah dan Kelurahan Andir. Di Kelurahan Andir terdapat 10 RW yang terendam. Empat RW diantaranya cukup parah terendam banjir, yakni RW 6, 7, 9 dan 13. Bahkan, di kelurahan Andir, Jalan Andir-Rancamanyar terputus karena jalan tergenang air.

Menurut warga, banjir terjadi karena hujan yang turun dengan intensitas cukup tinggi dari sore hingg malam hari, sehingga sekitar pukul 21.00, air mulaai menggenang rumah-rumah yang berada di bantaran sungai Citarum.

"Memang sudah biasa banjir, terutama kalau wilayah Pangalengan, Kertasari dan Bandung hujan besar pasti di sini banjir,"ujar Yusron (55), warga Kampung Jembatan RT 2/9, Kelurahan Andir Kecamatan baleendah.

BALEENDAH -  Ribuan rumah di Kecamatan Baleendah dan Dayeuhkolot Kabupaten Bandung terendam banjir. Berdasarkan informasi yang dihimpun, banjir

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News